Begini Cara Kerja Access Door Lock yang Perlu Anda Pahami

access door lock
access door lock

Salah satu kebutuhan kantor yang perlu Anda perhatikan dengan tepat adalah kehadiran kunci pintu akses atau yang biasa disebut access door lock. Keberadaannya akan sangat membantu kantor, khususnya Anda untuk menghadirkan keamanan dan kenyamanan bagi karyawan. Dengan kunci tersebut, Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat memiliki akses. 

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang access door lock, artikel di bawah ini memberikan informasi mengenai fungsi, cara kerja, serta kelebihan Thanoz Pro dari Onassis. Selengkapnya di bawah ini. 

Fungsi Access Door Lock

Fungsi dari access door lock (kunci pintu akses) adalah untuk memberikan keamanan dan mengendalikan akses masuk ke suatu area atau bangunan. Kunci pintu akses berfungsi membatasi akses hanya kepada orang-orang yang memiliki otoritas atau izin untuk masuk ke dalam area tersebut.

Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari access door lock:

1. Keamanan

Fungsi pertama, untuk melindungi area atau bangunan dari akses yang tidak sah. Dengan menggunakan kunci pintu akses yang sesuai, hanya orang-orang yang memiliki izin atau kunci yang tepat yang dapat membuka pintu tersebut.

2. Pengendalian Akses

Access door lock memungkinkan pengendalian akses yang terstruktur. Dalam banyak situasi, hanya orang-orang tertentu yang diizinkan untuk masuk ke dalam area yang terkunci. Hal ini membantu membatasi akses bagi orang yang tidak berwenang dan memastikan bahwa hanya orang-orang yang diizinkan yang dapat memasuki area tersebut.

3. Pencatatan Log

Beberapa jenis kunci pintu akses memiliki fitur pencatatan log. Fitur ini mencatat informasi tentang siapa yang membuka pintu, waktu pembukaan pintu, dan data terkait lainnya. Hal ini dapat membantu dalam melacak aktivitas dan melakukan audit untuk keperluan keamanan dan pemantauan.

4. Kepatuhan Regulasi

Pada beberapa lingkungan, seperti gedung perkantoran, fasilitas medis, atau lembaga pendidikan, penggunaan access door lock sering kali diperlukan untuk memenuhi kepatuhan terhadap regulasi tertentu. Contohnya, di rumah sakit, akses ke area tertentu seperti ruang operasi atau ruang obat mungkin hanya diizinkan untuk staf medis yang terlatih dan berwenang.

5. Kemudahan Penggunaan

Access door lock juga berfungsi memberikan kemudahan penggunaan bagi mereka yang memiliki akses yang sah. Misalnya, penggunaan kartu akses, kode PIN, sidik jari, atau kunci elektronik sehingga memudahkan Anda dalam membuka pintu tanpa perlu menggunakan kunci fisik.

6. Kecepatan dan Efisiensi

Penggunaan access door lock juga dapat meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam mengelola akses masuk. Dalam beberapa sistem, akses dapat dikendalikan secara terpusat dan dapat dikelola jarak jauh melalui jaringan komputer. Hal ini memungkinkan pemantauan real-time, pengaturan akses yang fleksibel, dan kemampuan untuk dengan cepat mengubah izin akses jika diperlukan.

Secara keseluruhan, fungsi access door lock adalah untuk memberikan keamanan, pengendalian akses, dan kemudahan penggunaan dalam mengelola akses masuk ke suatu area atau bangunan.

Cara Kerja Access Door Lock

Cara kerja kunci pintu akses dapat bervariasi tergantung pada jenis dan teknologi yang digunakan. Berikut adalah beberapa cara umum bagaimana access door lock bekerja:

1. Kunci Fisik

Untuk membuka pintu, Anda harus memasukkan kunci fisik yang sesuai ke dalam kunci pintu dan memutar kunci tersebut. Pada jenis ini, mekanisme penguncian dan pembukaan tergantung pada perputaran kunci yang sesuai.

2. Kunci Elektronik

Umumnya, kunci ini melibatkan penggunaan panel kontrol elektronik yang terhubung dengan mekanisme penguncian pintu. Metode umum dalam kunci elektronik meliputi:

3. Kartu Akses

Anda memiliki kartu akses yang berisi informasi terkait izin akses. Untuk membuka pintu, kartu akses ditempelkan atau digesekkan pada pembaca kartu yang terhubung ke panel kontrol. Jika kartu akses valid, mekanisme penguncian akan diberi sinyal untuk membuka pintu.

4. Kode PIN

Anda diminta memasukkan kode PIN yang tepat melalui keypad pada panel kontrol. Jika kode PIN valid, mekanisme penguncian akan dibuka.

5. Sidik Jari

Kunci pintu akses menggunakan pemindai sidik jari untuk mengidentifikasi pengguna. Pengguna perlu menempelkan atau menempatkan jari mereka pada pemindai sidik jari. Jika sidik jari terdaftar dan valid, mekanisme penguncian akan dibuka.

6. Kunci Akses Jarak Jauh

Beberapa kunci pintu akses modern memungkinkan akses jarak jauh melalui koneksi jaringan. Ini berarti pintu dapat dikendalikan dan diakses melalui perangkat seperti smartphone atau komputer. Pengguna dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak khusus untuk membuka pintu, mengatur izin akses, dan memantau aktivitas pintu.

7. Integrasi dengan Sistem Keamanan

Yang terakhir, juga dapat terintegrasi dengan sistem keamanan yang lebih luas, seperti sistem alarm atau sistem pengawasan video. Misalnya, pintu dapat dikonfigurasi untuk mengaktifkan alarm jika mencoba membuka pintu tanpa izin atau mendeteksi gerakan yang mencurigakan di sekitar pintu.

Penting untuk diingat bahwa ini hanya merupakan gambaran umum tentang cara kerja access door lock. Ada berbagai jenis dan teknologi yang berbeda, dan setiap sistem mungkin memiliki fitur dan cara kerja yang spesifik.

Ketika Anda telah memahami fungsi dan cara kerja kunci pintu akses, Anda perlu menerapkannya di dalam kantor. Sebagai penyedia hardware terbaik di Indonesia, Onassis memiliki peralatan yang mampu memenuhi kebutuhan kantor. 

Rekomendasi Onassis untuk Access Door Lock

Salah satu rekomendasi Onassis untuk kunci pintu akses adalah Thanoz Pro. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Thanoz Pro adalah:

onassis thanoz pro

  • Mampu menyimpan 190 user password
  • Mampu mengelola 190 user card.
  • Selain itu, juga mampu menyimpan 120 user fingerprint.
  • Tersedia di dalam aplikasi Onassis sehingga memudahkan pengguna untuk akses.
  • Tersedia pula kunci fisik. 

Bersama Onassis, ciptakan lingkungan kantor yang aman dan nyaman.