4 Jenis Aksesoris Jendela dan Rekomendasi Produknya

aksesoris jendela
aksesoris jendela

Dari sekian daftar indikator rumah yang sehat, memiliki bukaan adalah hal yang wajib. Baik itu berupa pintu, jendela, atap tembus pandang, hingga ventilasi. Khusus pada jendela, Anda harus memaksimalkan fungsinya dengan baik. Selain memperbanyak cahaya matahari yang masuk, jendela juga membantu sirkulasi udara di dalam rumah semakin lancar. Untuk mengoptimalkan fungsi jendela, Anda perlu memahami bahwa setidaknya harus ada 4 jenis aksesoris yang terpasang. Cermati keempat jenis aksesoris jendela dan fungsinya berikut ini.

Jenis Aksesoris Jendela untuk Hunian dan Rekomendasinya

1. Engsel Jendela

aksesoris jendela

Engsel jendela biasanya terbuat dari besi atau baja dan berfungsi untuk menghubungkan daun jendela dengan rangka atau kusen. Sebenarnya engsel jendela dan engsel pintu memiliki spesifikasi yang hampir sama. Hanya saja ukurannya lebih kecil dan biasanya menggunakan jenis engsel kupu-kupu atau engsel piano. Engsel yang berkualitas dapat mendukung kelancaran membuka dan menutupnya daun jendela. Apalagi jika daun jendela tersebut menggunakan bahan yang cukup tebal.

2. Hak Angin

aksesoris jendela

Sumber: Pinterest/ebay.co.uk

Dalam ilmu bangunan, hak angin juga sering disebut sebagai window hook. Aksesoris yang satu ini memiliki bentuk yang beragam dengan panjang rata-rata 15-20 cm. Berfungsi untuk menahan daun jendela dari terpaan angin, hak angin terdiri dari beberapa jenis berdasarkan cara membukanya. Ada hak angin yang digeser dan bisa disesuaikan lebarnya. Serta ada juga yang hanya perlu diputar lalu dikaitkan. Besi memanjang akan dipasang pada rangka atau kusen jendela, sedangkan lubang untuk memasukkan pengait ada di daun jendela. Pemasangannya pun dapat diletakkan pada bagian bawah tengah, samping kanan dan kiri jendela, atau bagian atas tengah tergantung arah bukaan jendela.

3. Friction Stay

aksesoris jendela

Sumber: Pinterest/dbestgroups.com

Aksesoris ini kerap ditemukan pada jendela kantor atau apartemen dengan kusen jendela yang terbuat dari alumunium. Sering disebut sebagai friction stay, komponen jendela ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan hak angin. Namun friction stay memungkinkan kamu mengatur lebar bukaan jendela dengan sudut yang lebih fleksibel. Selain itu, Anda tidak perlu mengaitkan atau memutar besi. Ketika Anda membuka jendela maka perangkat ini akan otomatis menahan daun jendela. Pada beberapa jenis friction stay, Anda bahkan tidak perlu memasang engsel secara terpisah. Aksesoris yang satu ini memiliki rel khusus yang saling berkaitan dengan tuas buka tutup.

4. Window Lock

aksesoris jendela

Sama seperti pintu, jendela juga harus diberi aksesoris tambahan agar memiliki sistem penguncian yang aman. Window lock adalah komponen jendela yang harus ada dalam semua jenis jendela. Umumnya kunci ini dipasang pada jendela berupa grendel slot atau barrel bolt dengan posisi vertikal. Jenis kunci jendela varian lainnya adalah tuas khusus yang sering disebut sebagai rambuncis. Kunci rambuncis ini memungkinkan Anda mengunci jendela hanya dengan memutar tuasnya ke bawah. Sebenarnya masih banyak variasi kunci jendela dengan berbagai cara kerja. Mulai dari lockset jendela, tombol pengaman, sliding besi, tali besi, abus, monkey tail, dan masih banyak lagi. Tentu saja jendela dengan sistem bukaan dan sistem geser akan menggunakan kunci yang berbeda pula. Termasuk bahan rangka dan kusen jendela yang Anda gunakan.

Tidak hanya membuat jendela bekerja sebagaimana mestinya, keempat jenis aksesoris tersebut juga berperan besar dalam menjaga keamanan rumah. Semua komponen di atas berhubungan erat dengan mekanisme penguncian daun jendela sebagai salah satu bagian dari home security system. Sehingga pastikan jendela pada hunian Anda telah memiliki aksesoris berkualitas.

Aksesoris Jendela Onassis

Bicara soal aksesoris jendela berkualitas, Onassis menawarkan berbagai macam varian dari setiap jenis yang telah dibahas sebelumnya. Tidak hanya variasi desainnya, kualitas yang dimiliki sudah tidak perlu diragukan lagi. Simak beberapa rekomendasi produk untuk setiap jenis aksesoris jendela di bawah ini:

1. Engsel Jendela

Dengan tinggi 3 inci, Engsel Onassis 32525 mampu menahan bukaan dengan berat 35 kg per 3 engsel . Bahan stainless steel membuatnya ringan dan mudah dirawat. Selain engsel Onassis 32525, terdapat engsel lain dalam berbagai ukuran, Anda bisa menyesuaikan lebar dan panjang jendela dengan engsel Onassis.

2. Hak Angin

Setidaknya terdapat 4 varian hak angin Onassis dengan desain yang berbeda. Semuanya menggunakan bahan coated steel atau zinc alloy yang kuat dengan hasil akhir mengkilap.

3. Friction Stay

Kemudian untuk produk friction stay, Onassis memiliki Casement ONS HG dengan panjang mulai dari 8 inci hingga 36 inci. Dengan fleksibilitas ini, bukaan jendela menjadi lebih optimal. Dalam satu kali pembelian, Anda dapat menggunakannya pada 2 jendela sekaligus.

4. Window Lock

Terakhir adalah window lock, Onassis menawarkan banyak varian pengunci untuk jendela. Mulai dari grendel beragam desain dan ukuran hingga rambunci jendela bisa Anda dapatkan dari satu toko yang sama.

Untuk variasi dan spesifikasi produk aksesoris hunian lain yang lebih detail, kunjungi e-commerce official Onassis. Sedangkan untuk keseluruhan produk rumah dan smart home dengan teknologi terbaru, Anda dapat mengunjungi halaman Onassis di sini.