5 Rekomendasi Bahan-Bahan Membuat Pintu untuk Rumah Anda

bahan bahan membuat pintu
bahan bahan membuat pintu

Tidak banyak yang memahami bahwa pintu adalah akses paling penting di dalam rumah. Selain sebagai akses, daya tahan dan kekokohan pintu perlu menjadi pertimbangan bagi pemilik rumah. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui bahan-bahan apa saja yang cocok untuk membuat pintu. Selengkapnya di Onassis. 

Bahan-Bahan Membuat Pintu

Membuat pintu melibatkan beberapa bahan yang berbeda, tergantung pada gaya, fungsi, dan lokasi pintu tersebut. Berikut adalah bahan – bahan umum yang digunakan untuk membuat pintu:

1. Kayu

Kayu adalah bahan tradisional yang sering digunakan untuk membuat pintu. Selain itu, kayu memiliki keindahan alami dan dapat dicat atau diwarnai sesuai preferensi Anda. Jenis kayu yang sering digunakan termasuk oak, cedar, pine, dan mahogany.

2. Logam

Logam seperti baja, besi, atau alumunium dapat digunakan untuk membuat pintu yang kokoh dan tahan lama. Pintu logam sering digunakan pada bangunan komersial atau industri, tetapi juga dapat digunakan dalam desain rumah modern.

3. Kaca

Kaca bisa menjadi bahan utama atau komponen tambahan dalam pintu. Pintu kaca sering digunakan di pintu geser, pintu geser lipat, atau pintu berbingkai logam untuk memberikan tampilan modern dan transparansi cahaya.

4. Plastik

Plastik kuat seperti PVC (Polyvinyl Chloride) atau fiberglass dapat digunakan dalam pembuatan pintu eksterior atau pintu khusus seperti pintu kamar mandi.

5. Komposit

Bahan komposit, seperti fiberglass berlapis kayu atau bahan sintetis lainnya, dapat memberikan tampilan kayu alami dengan ketahanan tambahan terhadap cuaca dan kerusakan.

Tips Merawat Pintu agar Kuat dan Tahan Lama

Merawat pintu dengan baik dapat membantu memastikan bahwa mereka tetap kuat dan tahan lama sepanjang waktu. Berikut adalah beberapa tips untuk merawat pintu:

1. Membersihkan secara Berkala

Bersihkan pintu secara teratur untuk menghilangkan debu, kotoran, dan noda. Gunakan kain lembut yang dibasahi dengan air atau pembersih ringan. Jika pintu memiliki permukaan kaca, pastikan untuk membersihkannya dengan pembersih kaca yang cocok.

2. Hindari Pemakaian Kasar

Jangan menutup pintu dengan keras atau memukulnya. Pemakaian kasar dapat merusak engsel, kunci, dan bagian lainnya.

3. Periksa Engsel dan Kunci

Periksa engsel dan kunci secara berkala. Pastikan engsel tidak kendur atau berkarat, dan pastikan kunci berfungsi dengan baik. Jika diperlukan, pelumasilah engsel dengan pelumas yang tepat.

4. Lindungi dari Cuaca Ekstrem 

Jika pintu terletak di luar ruangan, pastikan untuk melindunginya dari cuaca ekstrem seperti hujan, sinar matahari langsung, dan salju. Gunakan pelapis atau cat yang tahan cuaca jika diperlukan.

5. Perhatikan Lapisan Pelindung

Jika pintu memiliki lapisan pelindung seperti cat atau pelapis, perhatikan apakah lapisan ini mulai terkelupas atau mengelupas. Jika ya, pertimbangkan untuk mengamplas dan melapisi ulang pintu.

6. Perhatikan Pemakaian

Jika pintu sering digunakan, pertimbangkan untuk mengganti komponen yang aus seperti engsel atau pegangan.

7. Jaga Kebersihan Area Sekitar

Pastikan area di sekitar pintu tetap bersih dan bebas dari bahan-bahan yang dapat merusak pintu, seperti tanaman yang tumbuh terlalu dekat dengan pintu.

Dengan merawat pintu secara teratur dan memperhatikan tanda-tanda kerusakan atau keausan, Anda dapat memastikan bahwa pintu tetap kuat dan tahan lama selama bertahun-tahun.

Ketika Anda mengetahui apa saja bahan-bahan membuat pintu, Anda perlu menambahkan aksesoris yang bisa menjadi bagian dari pintu untuk menambah keamanan. Onassis sebagai penyedia hardware terbaik di Indonesia memberikan rekomendasi yang tepat untuk door hardware.

Rekomendasi dari Onassis tentang Door Hardware

1. Door Guard

door guard onassis

Onassis memiliki door guard 11A-1NB yang kuat dan mampu mengendalikan akses dengan baik. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir ketika hendak mendorong atau menariknya karena hardware ini memiliki kualitas yang baik. Bersama Onassis, keamanan rumah Anda pasti terjamin. 

2. Door Stopper 05

door stopper

Apabila Anda ingin menambah keamanan untuk pintu rumah, door stopper 05 dari Onassis adalah solusi terbaik. Door stopper Onassis 05 berfungsi sebagai penahan bagian pintu agar tidak terbentur ke tembok pada posisi terbuka.

3. Door Closer 068 SY-HO

door closer

Otomatis adalah salah satu sistem keamanan yang penting bagi rumah Anda. Oleh karena itu, door closer 068 SY-HO merupakan penahan pintu otomatis. Sangat cocok digunakan di rumah Anda sehingga tidak perlu khawatir saat membuka atau menutup pintu dengan rapat.

Bersama Onassis, rumah Anda terhindar dari pencurian ataupun pembobolan maling.