Burglar Alarm: Fungsi, Cara Kerja, dan Rekomendasi Terbaiknya

burglar alarm
burglar alarm

Umumnya tempat tinggal dan gedung dibuat sedemikian rupa untuk mencegah terjadinya pencurian. Namun, tidak bisa dipungkiri terkadang pencuri masih dapat masuk ke area tersebut. Ada opsi perangkat tambahan yang bisa ditambahkan sebagai upaya meningkatkan keamanan dengan teknologi yang lebih canggih, dan salah satunya adalah burglar alarm. Burglar alarm adalah sistem alarm yang secara otomatis akan memberi peringatan kepada pemilik tempat tinggal jika ada akses masuk mencurigakan atau orang asing yang mencoba masuk secara paksa.

Burglar Alarm: Fungsi dan Jenisnya

Burglar alarm bisa dianggap sebagai perangkat yang penting karena memberikan respon cepat dengan cara membunyikan alarm sehingga pemilik rumah atau bisnis bisa segera mengambil tindakan. Bahkan bisa juga memberi peringatan bagi orang-orang di sekitar area tersebut. Sistem teknologi ini juga berfungsi untuk mencegah pencurian, vandalisme, dan melindungi penghuni serta properti dari bahaya penyusup

Lebih spesifik, fungsi burglar alarm juga harus mendukung sistem keamanan yang baik. Secara garis besar, fungsi dari burglar alarm meliputi 3 hal, yakni aman, nyaman, dan mudah. Aman berarti tempat tinggal tersebut terproteksi dari penyusup pada semua area. Lalu nyaman berarti penghuni dalam rumah bisa bergerak bebas tanpa khawatir melanggar sensor itu sendiri. Serta yang ketiga adalah mudah, artinya sistem ini mudah dioperasikan tanpa prosedur yang rumit.

Terlebih lagi sistem ini dapat memberikan peringatan lebih awal dengan bunyi alarm yang kemungkinan besar bisa menggagalkan pencurian. Semua fitur dan komponen burglar alarm bekerja sama dalam sistem kelistrikan.

Sistem burglar alarm sendiri terdiri dari 3 jenis, yakni:

  • Berkabel: setiap komponen dan sistem kelistrikan terhubung melalui kabel.
  • Nirkabel: WiFi, Bluetooth, atau teknologi radio lainnya digunakan sebagai mode koneksi antar peralatan.
  • Hybrid: terdiri dari kombinasi peralatan kabel dan tanpa kabel yang berkomunikasi dengan sistem utama.

Komponen sistem burglar alarm terdiri dari bagian-bagian yang saling terhubung, yaitu sensor, kontrol panel, keypad, dan sirene/lampu strobo. Keseluruhannya merupakan suatu rangkaian yang tidak bisa dihilangkan salah satunya.

burglar alarm

Cara Kerja Burglar Alarm

Sistem burglar alarm terdiri dari serangkaian komponen listrik yang terhubung dengan bangunan. Teknologi sensor biasanya dipasang pada pintu dan jendela sebagai tempat yang sering diakses. Melalui sensor dan kontak, perangkat ini akan mendeteksi gerakan atau buka paksa pada jendela dan pintu. Sebagian besar burglar alarm bekerja dengan serangkaian yang hampir sama. Simak cara kerja detail dari rangkaian alarm canggih ini.

1. Deteksi gerakan

Hal pertama dan yang paling penting, setiap perangkat atau komponennya dipasang pada tempat strategis dan mampu mendeteksi aktivitas mencurigakan seperti di area pintu utama dan jendela. Ada banyak variasi sensor, misalnya sensor gerak mendeteksi ketika penyusup memasuki area tertentu. Bisa juga bekerja sebagai pendeteksi kekuatan membuka yang berlebihan, seperti saat ada yang membukanya secara paksa.

2. Notifikasi ke kontrol panel

Semua perangkat burglar alarm, termasuk sensor ditautkan ke kontrol panel dan semua informasi dari perangkat akan dikirimi ke panel tersebut. Jika kontak ini terganggu dan sirkuit putus, maka perangkat otomatis akan berhitung mundur hingga alarm berbunyi.

3. Alarm berbunyi

Saat inilah alarm akan berbunyi keras untuk memberi peringatan pada penghuni rumah mengenai aktivitas yang tidak biasa. Sistem terhubung ke bel atau sirene eksternal yang biasanya terletak di bagian luar rumah.

4. Alarm dinonaktifkan

Pengguna mengaktifkan dan mematikan alarm melalui kontrol panel dengan kode yang sudah diatur sebelumnya. Burglar alarm yang terhubung dengan smartphone juga bisa digunakan untuk mengatur alarm dari jarak jauh dengan aplikasi khusus.

Pemeliharaan sistem burglar alarm juga harus diperhatikan dan diperiksa secara teratur untuk meningkatkan fungsinya lebih lama. Sistem harus diperiksa dan diperbarui setidaknya sekali atau dua kali dalam setahun agar tetap berjalan dengan baik.

burglar alarm

Rekomendasi Burglar Alarm Terbaik

Beberapa perangkat yang harus ada untuk mengoptimalkan sistem burglar alarm bisa Anda dapatkan dari satu merek, yaitu Onassis. Berikut ini untuk informasi perangkat tersebut:

1. Smart Alarm Sirine

Perangkat pertama adalah Smart Alarm Sirine, yang akan berbunyi dengan kekuatan suara mencapai 90 desibel. Selain sebagai sistem keamanan, perangkat alarm ini juga memiliki 10 jenis suara berbeda yang bisa diatur dengan fungsi yang berbeda, misalnya saat ada tamu yang masuk. Selain sumber daya listrik melalui USB, Anda juga bisa menggunakan baterai.

2. Door & Window Smart Wifi Sensor

Untuk memudahkan fungsi pengawasan, Door & Window Smart Wifi Sensor akan membantu Anda memastikan pintu dan jendela telah terkunci rapat. Bahkan ketika diintegrasikan dengan ponsel melalui aplikasi Onassis Smart Living, Anda dapat mengetahui riwayat akses keluar masuk dengan mudah.

3. Onassis Smart Home Motion Sensor

Perangkat ini dapat mendeteksi gerakan hingga jarak 7 meter dengan sudut deteksi 110 derajat dan mampu bekerja selama 24 jam. Selain gerakan, alat ini juga mampu mendeteksi suhu tubuh secara otomatis. Dengan teknologi PIR, perangkat ini akan memicu bunyi alarm serta otomatis mengirim notifikasi ke ponsel Anda. Dengan ukuran kecil dan minimalis mampu memberikan kesan visual yang nyaman, minimalis, dan mengoptimalkan perlindungan internal.

Dapatkan semua produk di atas di Onassis dengan penawaran harga yang menarik. Untuk informasi spesifikasi lebih detail, silahkan kunjungi marketplace official Onassis.