5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung

cara meluruskan pintu kayu yang melengkung
cara meluruskan pintu kayu yang melengkung

Hal paling menyebalkan ketika kondisi pintu kayu yang melengkung atau bengkok adalah pintu menjadi sulit dibuka atau ditutup. Meskipun pada umumnya pembuatan daun pintu telah dilakukan dengan prosedur yang tepat, namun tidak ada jaminan sebuah pintu tidak mengalami bengkok, renggang, atau melengkung. Cari tahu di bawah ini penyebab dan cara meluruskan pintu kayu yang melengkung.

Penyebab Pintu Kayu Melengkung

  1. Kayu mengalami penyusutan

Salah satu penyebab pintu kayu melengkung adalah proses pengeringan bahan dasar yaitu kayu yang tidak sempurna. Hal ini menyebabkan permukaan kayu menyusut secara tidak merata. Ketika kayu mengalami penyusutan dari ukuran sebelumnya, serat kayu dapat berubah dan menyebabkan pintu melengkung, bengkok, dan juga turun. Itu sebabnya perlu juga diketahui cara perbaiki pintu yang turun.

Selain itu, faktor cuaca juga mempengaruhi penyusutan atau pemuaian yang menyebabkan pintu kayu melengkung. Ketika musim panas, pada umumnya kayu akan mengalami penyusutan. Sebaliknya ketika musim dingin pintu kayu akan mengalami pemuaian. Hal ini dikarenakan kandungan air dalam kayu yang tinggi sehingga saat kayu terpapar panas akan menguap sehingga ukuran pintu menyusut. Sedangkan pada musim dingin kayu akan mengembang kembali ke bentuk asalnya.

  1. Kualitas kayu

Selain itu, kualitas dan jenis kayu juga berpotensi menyebabkan pintu kayu menjadi melengkung. Kayu dengan kualitas rendah yang memiliki serat tidak lurus dan permukaan yang tidak rata lebih rentan melengkung. Tekanan pada daun pintu juga dapat menyebabkan terjadinya bengkok pada pintu kayu.

Nah, bagi kalian yang memiliki masalah pintu seperti di atas, berikut lima cara meluruskan pintu kayu yang melengkung:

5 Cara Meluruskan Pintu Kayu yang Melengkung

  1. Menentukan jenis kayu

Untuk menghindari terjadinya melengkung atau bengkok pada pintu kayu maka gunakanlah kayu solid sebagai bahan pembuat pintu. Kayu solid cenderung kuat dan tahan cuaca. Kayu solid juga lebih awet dan tidak mudah keropos. Penggunaan jenis kayu yang lunak seperti kayu Meranti, Mahoni, Nyatoh berpotensi memperbesar muai susut pada kayu.

  1. Memperhatikan Tingkat kekeringan kayu

Ketika memilih bahan untuk pintu pastikan kayu yang digunakan benar-benar kering atau telah dioven. Jika kayu tetap basah maka besar potensi pintu menjadi melengkung. Oleh karena itu usahakan memilih pengrajin pintu kayu yang paham betul berapa kandungan air pada setiap jenis kayu. Kemudian, mintalah saran jenis kayu yang memiliki kandungan air tidak melebihi kapasitas daya serap air pada kayu saat kering.

Sekedar info, pada umumnya kayu kering dapat menyerap air hingga 12 persen, jadi usahakan tidak memilih kayu dengan kandungan air di atas angka tersebut. Selain menyebabkan melengkung, pintu kayu yang memuai juga dapat menyebabkan pintu turun sehingga menimbulkan suara berderit. Untuk mengatasinya Anda perlu tahu cara perbaiki pintu turun, salah satunya dengan memastikan tingkat kekeringan kayu sehingga dapat meminimalisir muai susut pada kayu.

  1. Penggunaan lapisan veneer

Membeli daun pintu kayu yang telah dilapisi veneer merupakan langkah awal sekaligus cara meluruskan pintu kayu melengkung yang dapat kalian lakukan. Hanya saja, kelemahannya adalah lapisan veneer pada umumnya mengelupas setelah beberapa waktu penggunaan.

  1. Menjemur pintu kayu

Sebelum memasang pintu pada kusen, biarkan daun pintu terkena cahaya matahari secara langsung untuk beberapa lama. Cara ini bisa membantu mengurangi kandungan air dalam pintu kayu. Setelah itu, biarkan daun pintu dingin dan kembali pada ukuran semula. Selanjutnya, sesuaikan kembali daun pintu dengan kusennya. Jika terjadi retakan pada pintu pada saat proses penjemuran, Anda dapat melakukan finishing menggunakan dempul dan cat untuk menutupinya.

  1. Mengecat sisi pintu yang berpori.

Pengecatan bagian pintu yang berpori dapat dilakukan dengan cat tembok yang memiliki karakteristik panas. Cara ini diharapkan dapat mengembalikan pori-pori dan struktur kayu kembali seperti sedia kala, serta menahan uap air tidak masuk pada lapisan pintu.

Melengkapi Pintu Kayu dengan Door Hardware yang Tepat

meluruskan pintu kayu yang melengkung

Ada beberapa door hardware yang harus Anda perhatikan untuk melengkapi fungsi pintu kayu yang nyaman di rumah Anda. Anda bisa mendapatkan idenya berikut ini:

  • Engsel Pintu

Mulai dari yang paling esensial, sebuah pintu kayu pasti memiliki Engsel. Bahasa inggrisnya adalah Hinge(s). Type engsel sendiri bermacam-macam tergantung peruntukannya. Untuk pintu rumah, umumnya menggunakan engsel kupu-kupu.

Agar memiliki engsel pintu yang awet maka perhatikan material penyusun engsel untuk mengenali kualitasnya agar tidak cepat rusak. Standar kualitas yang digunakan adalah Stainless Steel SUS304. Jika rumah Anda berada di daerah pesisir pantai yang memiliki kelembaban tinggi, bisa gunakan SUS316 karena memiliki daya tahan terhadap korosi lebih tinggi.

  • Handle Pintu 

Aksesoris kedua adalah handel pintu dan jendela. Handel adalah tuas atau pegangan daun pintu yang berfungsi untuk membuka tutup pintu. Jenis handle pintu secara garis besar ada 2 yakni, lever handle dan push/pull handle. Di pasaran juga ada model pull handle yang di pegangannya ada knob untuk membuka lidah pengunci pintu.

  • Mortise Lock Dan Cylinder

Mortise adalah rumah dari cylinder lock dan lever handle. Cylinder adalah pengunci yang dilengkapi dengan anak kuncinya. Mortise ini ditanam di dalam daun pintu dan memiliki ruangan untuk memasukkan spindle pin (pin yang menghubungkan antara lever handle yang di dalam dan diluar) dan ruangan untuk cylinder lock/anak kunci.

Mortise lock ini jenisnya ada 2, yakni type yang memiliki lidah runcing dan yang memiliki lidah berupa pelor. Pintu double swing yang memakai push/pull handle menggunakan mortise type pelor karena dia tidak perlu mekanisme seperti lever handle, hanya didorong dan ditarik untuk menutup pintu.

Rekomendasi Door Hardware dari Onassis Untuk Pintu Kayu Anda

  • Lehman BL Vagetti Series (Door Handle and Lockset Premium)

Vagetti menghadirkan handle dengan mahakarya di setiap lekukannya yang akan menambah kesan mewah dan premium untuk hunian berkelas tinggi. 

Lockset kelas premium ini diproduksi dari material terbaik, estetika tinggi serta detail yang presisi. Lekukan dan detail handle pintu premium yang extra ordinary, menjadikan pintu rumah tampil makin berkelas dan berarsitektur modern. 

Fitur:

– Fine coating finishing 72 hours lab test

– Cylinder full brass dengan security tinggi

– Anak kunci pin row ganda yang anti duplikat

– Mortise lock dengan SUS 304 face plate

– Handle terbuat dari zinc alloy grade atas

– Dapat digunakan di suhu 0 – 50 derajat celcius

– Digunakan untuk pintu indoor

  • Cylinder Onassis 60mm COMP

Kunci silinder Onassis 60mm COMP dibuat dari bahan full brass untuk body dan kuncinya. Cylinder lock dengan diameter kunci 60 mm ini memiliki 5 anak key computer dan dapat di-masterkey. 

Onassis Hardware menawarkan banyak kemudahan bagi Anda dalam memilih produk door hardware terbaik untuk hunian modern. Dapatkan berbagai produk door hardware serta produk smart home untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda. Dapatkan penawaran menarik sebagai member Onassis Prioritas serta belanja online secara mudah melalui official Tokopedia Onassis. Jangan sampai terlewatkan, ya.