5 Cara Membuka Pintu yang Terkunci dari Dalam saat Situasi Darurat

Cara membuka pintu yang terkunci dari dalam adalah sebuah usaha agar Anda bisa masuk ke rumah. Barangkali, ada banyak orang yang mengalami hal serupa. Namun, sayangnya mereka tidak tahu caranya hingga akhirnya justru merusak pintu. 

Hal tersebut tentu saja tidak baik. Bukan hanya menjadikan pintu rusak melainkan juga mengurangi tingkat keamanan rumah. Anda justru harus menambal atau bahkan mengganti dengan pintu yang lebih baru. 

Selain biaya yang pastinya bertambah, Anda bisa jadi mengurangi aktivitas harian karena harus belanja memilih dan memasang pintu. Namun, apabila Anda tahu cara membuka pintu yang terkunci dari dalam, bisa jadi tak perlu ada biaya yang keluar. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, artikel di bawah ini menjelaskan hingga tuntas mengenai hal tersebut. Pastikan Anda paham cara membuka pintu yang terkunci dari dalam saat situasi darurat. 

Cara Membuka Pintu yang Terkunci dari Dalam saat Situasi Darurat

Anda pasti akan merasa kebingungan ketika menghadapi situasi pintu terkunci dari dalam. Apalagi Anda harus pergi segera karena ada kondisi yang mendesak. Lalu, apa yang seharusnya Anda lakukan? Berikut ini cara membuka pintu yang terkunci dari dalam. Simak di sini.

1. Gunakan Penjepit Kertas

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan penjepit kertas. Jika Anda pernah melihat prosesnya di film, sebenarnya bisa saja Anda praktekkan di dunia nyata.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penjepit kertas hanya berfungsi untuk gagang pintu bulat. Ada celah yang bisa Anda masuki dengan penjepit kertas. Kemudian, pelintir lah sedikit maka pintu akan terbuka. 

2. Gunakan Kunci L

Apabila Anda menemukan gagang pintu yang berbentuk bulat, cobalah membuka pintu yang terkunci dengan kunci L. Selain penjepit kertas, kunci L bisa berfungsi untuk membuka pintu yang terkunci. Namun yang pasti, sesuaikan dulu ukuran kunci L dengan ukuran gagang pintu yang bulat. 

3. Pakailah Obeng

Cara ketiga yang bisa Anda lakukan adalah memakai obeng. Namun, patut diingat bahwa tidak semua pintu yang terkunci dapat dibuka dengan obeng. Bila pintu yang Anda temukan berjenis smart door maka perlakuannya akan berbeda. Tetapi, jika masih kunci konvensional, gunakan obeng yang berbentuk flathead.

4. Pakailah Kawat

Barangkali cara ini mungkin hanya bisa diimplementasikan di sebuah film. Namun, nyatanya, cara ini bisa Anda praktekkan di dunia nyata. Alat yang Anda butuhkan adalah gantungan kawat sebagai pengait dengan pegangan yang panjang. 

Kemudian, masukkan pengait ke sedikit celah di antara kusen dan tepi pintu. Setelahnya, ketika gantungan kawat telah masuk, Anda bisa mengontrolnya dengan satu tangan. Sedangkan tangan lainnya memegang gagang pintu.

Lalu, putar gagang pintu yang berbentuk bulat itu sembari menarik gantungan kawat. Jika gagang pintu dapat berputar, artinya pintu dapat terbuka. 

4. Gunakan Alat Pembobol Pintu

Cara kelima adalah gunakan alat pembobol pintu. Alat ini biasanya terbagi menjadi dua bagian, yaitu pencungkil dan pengungkit. Jika pencungkil, bentuknya biasanya menyerupai huruf R. Sedangkan pengungkit biasanya berbentuk huruf L.

Adapun keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Jika huruf L memberi tekanan di bagian bawah kunci, sedangkan huruf R menekan pin di lubang kunci sehingga bisa diputar. 

Cara prakteknya, Anda perlu memasukkan pengungkit ke bagian dasar kunci. Sedangkan pencungkil letakkan di bagian atas. Setelahnya, gunakan ujung bawah pencungkil untuk menekan pin lubang ke atas hingga keluar dari lubang. 

Jika Anda berhasil, kunci akan terbuka dengan sendirinya. 

Lima cara di atas belum tentu bisa Anda praktekkan di setiap pintu. Cara-cara di atas lebih banyak untuk pintu dengan gagang bulat. Apabila Anda merasa kesulitan untuk membuka pintu yang terkunci, cobalah segera panggil ahli profesional. 

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman di dalam kunci pintu Anda, Onassis sebagai penyedia hardware terbaik di Indonesia memberikan rekomendasi door hardware

Rekomendasi BLC Group untuk Door Hardware

Ada beberapa rekomendasi door hardware yang tepat untuk kebutuhan Anda, yaitu:

1. Cylinder Onassis 60mm TT-ET

cylinder onassis 60

Onassis memiliki kunci silinder yang memiliki daya tahan dan bahan yang baik. Bahannya berasal dari kuningan. Anda akan mendapatkan tiga kunci untuk sisi luar. Sedangkan di sisi dalamnya, Anda mendapatkan kunci engkol. Kunci silinder ini cukup aman untuk kebutuhan pintu Anda. 

2. Cylinder Onassis 60mm DO Black

cylinder black

Jika Anda ingin memiliki kunci silinder yang elegan dengan bahan yang kuat, Cylinder Onassis 60mm DO Black bisa menjadi pilihan Anda. Warna hitam serta bahan kuningan bisa menjadi alasan mengapa Anda perlu menerapkannya di rumah Anda.

Bersama Onassis, ciptakan keamanan dan kenyamanan untuk rumah Anda.