3 Cara Mencegah Besi Berkarat pada Door Hardware di Rumah

cara mencegah besi berkarat
cara mencegah besi berkarat

Pernahkah Anda mengalami hal yang menjengkelkan tentang korosi atau karat yang merusak pemandangan di rumah Anda? Tentunya hal itu sangat mengganggu, terutama jika korosi atau karat terjadi pada pintu rumah. Tahukah Anda cara mencegah besi berkarat pada perabotan rumah terutama di pintu rumah?

Karat atau korosi di pintu biasanya sering kita temukan pada logam yang menjadi bahan utama untuk handle, engsel pintu atau jendela, door closer, dan masih banyak yang lainnya.

Artikel ini akan membahas tentang cara mencegah besi berkarat terutama pada pintu dan jendela. Tentunya hal ini penting agar tidak mengurangi fungsi dari pintu atau jendela tersebut, dengan tetap menjaga keindahannya terbebas dari korosi.

Apa itu Korosi atau Karat?

cara mencegah besi berkarat

Sebelum mengetahui cara mencegah besi berkarat pada rumah dan perabotannya, sebaiknya ketahui dulu apa itu karat atau korosi. Korosi atau karat adalah reaksi kimia yang terjadi pada logam. Proses terjadinya korosi adalah ketika logam mengalami oksidasi yang secara perlahan dihancurkan oleh oksigen, air, dan agen korosif lainnya.

Ketika bagian dari rumah dan perabotan di dalamnya terkena korosi atau karat, tentunya merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi Anda. Selain bentuknya yang berubah warna dan mengeluarkan bau yang tidak sedap, terkadang fungsinya juga bisa terganggu.

Seperti karat yang terdapat pada engsel pintu atau jendela, selain bentuknya yang berubah warna, baunya tidak sedap, juga sering terdengar suara sedikit berdecit di saat pintu dibuka atau ditutup. Bahkan jika korosi terjadi di knob atau kunci pintu rumah, kemungkinan proses mengunci atau membuka pintu akan sulit untuk dilakukan, karena fungsinya berkurang.

Di sinilah pentingnya mengerti cara mencegah besi berkarat agar hal-hal yang menjengkelkan di atas tadi tidak Anda alami.

Cara Mencegah Besi Berkarat pada Door Hardware

Seperti yang telah kita bahas di atas, terjadinya korosi atau karat yaitu ketika logam mengalami oksidasi yang secara perlahan dihancurkan oleh oksigen, air, dan agen korosif lainnya. Maka langkah pencegahan yang efektif adalah mencegah logam bersinggungan dengan oksigen, air, dan agen korosif lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya oksidasi pada perabotan rumah, di antaranya:

1. Mengecat

Cat dapat menghindarkan besi kontak langsung dengan udara dan air. Untuk pengecatan lebih baik menggunakan cat yang mengandung timbel dan zink (seng), karena timbel dan zink (seng) melindungi besi terhadap korosi. 

Anda bisa merawat engsel pintu dan jendela dengan cara mengecat sebelum dipasang. Namun jika Anda ingin yang lebih praktis, maka referensi produk ONASSIS yang bisa Anda gunakan tanpa harus dicat lagi adalah Engsel pintu ONASSIS 533-4BB SUS 304 SS.

2. Cromium Plating (Pelapisan dengan Kromium)

Lapisan krom pada besi bisa mencegah perabotan yang terbuat dari logam terlindung dari proses oksidasi yang diakibatkan oleh air dan oksigen. Anda bisa mencoba menggunakan lapisan krom pada pegangan pintu yang biasanya terbuat dari bahan logam. Referensi pegangan pintu atau handle dari ONASSIS yang sudah menggunakan lapisan krom anti karat yang bisa Anda gunakan adalah LHD ONS 106 SS. Ada juga pilihan pegangan pintu yang elegan dari ONASSIS seperti PH/ONS 633-500

3. Memberi Oli atau Minyak Pelumas

cara mencegah besi berkarat

Cara ini bisa Anda gunakan untuk merawat kunci pintu secara berkala. Di samping bisa melancarkan fungsinya, juga bisa menghindari terjadinya korosi hingga ke dalam bagian kunci tersebut. Artinya, lapisan luar dan dalam kunci pintu tadi, bisa terawat dengan baik. Referensi kunci pintu dari ONASSIS yang bisa digunakan adalah CY/ONS 60MM COMP. Jika Anda ingin produk yang komplit dari sebuah kunci ONASSIS, pilihan yang bisa direkomendasikan adalah LHD/ONS ELENA (COMPLETE).

Perlu Anda pahami, cara mencegah besi berkarat dengan cara memperbaiki besi yang sudah berkarat tentunya berbeda penanganannya. 

Produk Door Hardware Onassis

Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan rekomendasi produk ONASSIS untuk door hardware Anda yang sudah menggunakan teknologi bebas karat.

1. Engsel 533 SUS 304

cara mencegah besi berkarat

Engsel pintu dari ONASSIS ini menggunakan material stainless steel 304 yang  mengandung 8% nikel dan 18% chromium. Bahan ini terbukti kuat terhadap suhu, pitting, dan korosi. 

2. Handle 106 SS

​​

Handle pintu dari ONASSIS ini menggunakan material Tube Stainless Steel dengan finishing Satin Stainless. Bentuknya yang minimalis dengan kualitas anti karat ini, sangat mudah dalam perawatannya, bisa Anda jadikan referensi untuk pintu di rumah. 

3. LHD ONS 203 BLACK SERIES 

cara mencegah besi berkarat

4. Handle ELENA (COMPLETE)

cara mencegah besi berkarat

Produk ini juga menggunakan material dari stainless steel dengan finishing mirror and hairline. Plat muka dari lockcase produk ini menggunakan stainless steel SUS 304, dengan latch bolt dan dead bolt dari bahan kuningan padat atau solid brass.

Selain itu, set kunci ini juga menggunakan casing baja dengan poros lubang dari baja yang dikeraskan. Adapun silindernya menggunakan bahan dari kuningan dan satin stainless steel dengan cycle test 200.000 times. Artinya, produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang benar-benar aman dari karat atau korosi, baik di lapisan luar maupun material di dalamnya.

Baca juga: 7 Keunggulan Digital Lock untuk Pintu Rumah dan Urgensinya

Masih banyak lagi pilihan door hardware dari ONASSIS yang bisa Anda jadikan referensi untuk melengkapi sekaligus menghiasi rumah Anda. Tentunya dengan kualitas yang maksimal tetapi tidak merogoh kocek terlalu dalam. Untuk pilihan yang lain Anda bisa mengunjungi Onassis Privilege Shopping atau marketplace langganan Anda.