Tutorial Cara Pasang Kunci Pintu Digital X6 Pro Onassis, Mudah dan Praktis!

cara pasang kunci pintu digital
cara pasang kunci pintu digital

Penggunaan produk smart door lock kini sudah semakin meningkat. Penghuni rumah tidak perlu khawatir lagi kehilangan kunci fisik maupun kerepotan saat mencari kunci yang terselip. Keamanan hunian semakin terjaga dengan adanya kunci pintu digital yang memiliki beberapa fitur penguncian yang praktis. Umumnya pada satu produk smart lock, Anda dapat membuka kunci menggunakan fitur fingerprint, PIN, kartu RFID, password, hingga face id. Jumlah user yang didaftarkan untuk dapat mengakses setiap fitur penguncian smart lock bisa mencapai ratusan user, lho! Nah, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak segera beralih menggunakan smart lock. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat smart lock serta tutorial cara pasang kunci pintu digital yang mudah untuk diterapkan.

Komponen yang Terdapat dalam Box Smart Lock

Setelah membeli produk smart lock varian apa saja pilihan Anda dari Onassis, kini saatnya Anda membaca panduan cara pasang kunci pintu digital sebelum Anda coba aplikasikan. Kali ini, kita akan memberikan tutorial pemasangan smart lock Onassis X6 yang merupakan produk terbaru dengan spesifikasi tertinggi untuk seluruh varian smart lock saat ini. 

Sebelum beranjak ke tutorial pemasangannya, X6 Pro memiliki fitur terbaru yaitu face id. Ada juga fitur password, fingerprint, kartu RFID, dan juga dapat dihubungkan dengan aplikasi Onassis Smart. Anda juga perlu mengetahui beberapa komponen smart lock saat unboxing, antara lain:

  1. Pertama, unboxing produk X6. Anda akan menemukan buku pemasangan, buku garansi, tata cara app setting Onassis Smart, dan template hole atau pelubangan pada daun pintu. 
  2. Ambil unit handle depan smart lock. Amati komponen dan fitur pada handle depan, seperti lubang kunci manual, built-in camera, dan di bagian belakang handle depan ada alarm yang akan berbunyi jika ada yang berusaha mencongkel. 
  3. Ambil unit handle belakang (dalam) yang ada tempat baterai, LCD, tombol pemutaran knob, tombol unlock, handle manual. Setiap unit memiliki karet.
  4. Ambil lockcase X6 yang memiliki tingkat keamanan tertinggi. Cara membalik lidah pada lockcase, buka dan congkel bagian stopper ke atas, dan masukkan lidah kemudian putar posisinya.
  5. Ada streak plate agar pemasangan smartlock rapi, dan ada baterai Lithium dengan kapasitas 5.000mAH 7,4Volt untuk pemakaian 2 bulan. Ambil silinder dan kunci manual yang digunakan saat kondisi darurat atau baterai habis.

Tutorial Cara Pasang Kunci Pintu Digital

Siapkan alat dan aksesoris baut smart lock untuk pemasangan, sudah tersedia satu paket dalam box smart lock. Cara pasang kunci pintu digital bisa Anda ikuti buku petunjuk pemasangan yang terdapat dalam box smart lock yang telah Anda beli. Atau untuk cara pasang kunci pintu digital yang lebih praktis dan cepat, Anda bisa memanggil teknisi profesional dari Onassis. Mari simak tutorial cara pasang smart lock X6 Pro.

  1. Siapkan daun pintu yang bagian pemasangan handle pintu sudah dibuat. Pertama, sesuaikan lidah lockcase terlebih dahulu dan sesuaikan dengan kebutuhan daun pintu. Pasang lockcase ke pintu, lalu sekrup 4 buah baut.
  2. Pasang cylinder untuk tempat anak kunci manual pada bagian handle depan dengan menggunakan baut. Pasang as pendek yang sudah ada bautnya.
  3. Next, langsung pasang body handle depannya. Pasang baut tembusnya di bagian belakang handle depan. 
  4. Untuk handle belakang atau dalam dilepas plate-nya. Pasang plate handle belakang pada daun pintu sisi dalam dengan menggunakan baut, lalu kencangkan. Pastikan pemasangannya lurus agar tidak macet. Pasang handle bagian dalam, dan pasangkan kabel kamera ke socket sebelah kiri dan kabel putih ke socket unitnya. Langsung pasang unit dan kabel dimasukan ke daun pintu, pastikan extra bolt masuk. Rekatkan menggunakan 3 buah baut.
  5. Pasang baterai dan layar LCD pada bagian handle belakang.
  6. Periksa semua komponen smart lock sudah terpasang dengan baik dan berfungsi.

Lebih jelasnya, putar video cara pasang kunci digital X6 Pro

Bagaimana Cara Setting Smart Lock X6 Pro?

  • Cara setting-nya mudah diawali dengan membuat admin terlebih dahulu. Pertama langsung masuk ke menu setting dengan menekan back enter, lalu masukkan PIN bawaan pabrik yaitu angka 1 sampai 6 pada keypad, lalu enter kembali.
  • Sekarang pilih angka 1 user manage, lalu pilih 1 create user dan pilih administrator nomor 1. Lalu untuk fitur admin bisa disesuaikan, bisa fingerprint, kartu, atau PIN. 
  • Misalnya untuk fitur PIN, tekan nomor 2, lalu masukkan PIN yang diinginkan, enter, lalu ulangi PIN kembali. PIN administrator sudah dibuat.
  • Untuk password atau PIN user, masuk menu setting dengan tekan back enter, masukkan PIN admin yang sudah dibuat, lalu pilih user manage dan pilih nomor 1 create user, pilih nomor 2 normal user. Di sini tambahkan fitur-fitur lain seperti face id, kartu, dan fingerprint.
  • Untuk fitur face id, tekan nomor 1. Jarak face id maksimal 1 meter dan minimal 50 cm dari kamera. 
  • Jika menambahkan user fingerprint, scan sidik jari pada tempatnya. 
  • Setelah semua selesai, coba fitur unlock-nya.

Simak tutorial selengkapnya cara setting smart lock Onassis X6

Manfaat Menggunakan Kunci Pintu Digital

1. Keamanan Rumah Terjamin

Manfaat utama menggunakan kunci pintar tentunya mendapat jaminan keamanan rumah karena telah menggunakan teknologi canggih dan mutakhir. Smart lock juga dapat menjadi trigger untuk produk smart security lainnya, seperti smart alarm yang akan berbunyi saat mendeteksi adanya upaya pembukaan paksa pada kunci pintu.

2. Mudah dan Praktis Digunakan

Kunci pintu digital lebih mudah digunakan serta praktis. Pemasangan digital lock dapat dilakukan oleh teknisi berpengalaman atau bisa Anda pasang sendiri dengan menggunakan pedoman. Setelah terpasang, penggunaan smart lock pun praktis tanpa repot membawa anak kunci kemana-mana.

3. Menggunakan Kualitas Bahan Terbaik

Kunci pintu digital di desain modern dengan kualitas bahan terbaik. Material yang digunakan kokoh serta menggunakan sistem penguncian otomatis yang canggih. Sehingga tercipta produk kunci pintu modern yang kuat, awet, serta memiliki desain yang modern dan elegan.

Rekomendasi Smart Door Lock Terbaik dari Onassis

ONASSIS Smart Lock X6 PRO Face Recognition 3D Scanner 

smart lock X6 Pro

ONASSIS Smart Lock X6 PRO Face Recognition 3D Scanner mempunyai desain sangat keren untuk smart lock di rumah Anda. X6 Pro dilengkapi spesifikasi tertinggi dari seluruh seri smart lock yang ada pada saat ini. Fitur andalan X6 PRO dibekali dengan sistem keamanan: built in camera viewer, fingerprint, password, card access, face recognition, manual key. Jadi dengan teknologi pengenalan wajah, user dapat membuka pintu secara otomatis!

Baca juga: Kelebihan Kunci Pintu Tanpa Handle, Produknya Ada di Onassis

Onassis menawarkan banyak pilihan produk smart lock dengan handle maupun tanpa handle terbaik dengan fitur kartu RFID, password, fingerprint, hingga face scanner. Mari lihat rangkaian lengkap produk smart lock kami kemudian berbelanja dengan mudah melalui Tokopedia Official Onassis.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk smart lock Onassis maupun cara pasang kunci pintu digital, hubungi 0811 9190 138 (Cs – Chat Only) 0811 882 8833 (Cs – By Phone maupun VC).