5 Tips Memasang Door Stopper Secara Tepat dan Aman

door stopper
door stopper

Door stopper adalah benda yang digunakan untuk mengganjal pintu agar tetap terbuka atau tertutup, atau untuk memastikan agar pintu tidak terbuka terlalu lebar. Penahan pintu yang paling sederhana adalah benda berat yang terbuat dari kayu atau logam yang diletakkan di bawah pintu untuk menahannya. Namun seiring dengan kemajuan zaman, saat ini banyak varian penahan pintu yang terbuat dari stainless steel yang kuat dan tahan lama dengan bentuk yang unik dan ergonomis.

Walaupun produk penahan pintu atau door stopper masih sangat jarang digunakan, namun manfaatnya yang besar membuat produk ini sedikit banyak mulai dilirik di pasaran. Agar tidak kebingungan saat akan memasang penahan pintu di rumah Anda, kali ini kami akan memberitahu Anda tips untuk memasang door stopper pada posisi yang tepat. Simak ulasan berikut.

Tips Memasang Door Stopper Secara Tepat

kunci pintu sidik jari

Sumber: Pixabay

1. Mempersiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Alat dan bahan yang Anda perlukan untuk memasang door stopper diantaranya adalah:

  • Obeng
  • Pena
  • Mesin bor.

Semua alat tersebut wajib ada agar memudahkan anda untuk memasangpenahan pintu. Jika tidak ada pena, gunakan spidol atau pensil.

2. Menentukan Posisi Pemasangan

Posisi pemasangan menjadi pertimbangan awal yang harus anda pikirkan baik-baik agar kinerja pintu tidak terganggu. Idealnya door stopper dipasang sejajar dengan bagian bawah pintu. Selain tidak mengganggu kinerja pintu, pemasangannya juga lebih mudah di bagian sisi bawah pintu.

3. Tandai Posisi yang Telah Ditentukan

Setelah mengetahui posisi yang tepat untuk memasang door stopper, Anda harus menandai pada bagian sisi dinding dengan cara menempelkan penahan pintu pada dinding, buat sketsa bulatan sesuai pola penahan pintu yang bulat. Kemudian tentukan diameter tengah menggunakan penggaris. Diameter ini yang nantinya akan dibuat lubang menggunakan mesin bor. Lakukan hal yang sama pada sisi pintu bagian bawah sejajar dengan tanda yang telah anda buat pada dinding. Usahakan benar-benar sejajar ya. Agar menemukan titik temu antara kutub magnet dipintu dan kutub magnet saat telah terpasang pada bagian dinding.

4. Lakukan Pemasangan

Setelah proses menandai dinding dan pintu sudah sejajar maka anda dapat memulai proses pemasangan. Masukkan baut ke dalam lubang yang telah dibuat menggunakan mesin bor pada sisi dinding dan sisi pintu. Kencangkan door stopper agar berfungsi dengan baik. Kini door stopper telah terpasang. Selain tidak menimbulkan bunyi saat pintu terbuka, handle pintu rumah anda tidak akan berbenturan atau bergesekan secara langsung pada tembok. Alhasil tembok Anda terbebas dari goresan yang ditimbulkan oleh handle pintu.

5. Melakukan Uji Coba

Langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah melakukan uji coba pada penahan pintu yang telah terpasang di area dinding dan pintu bagian bawah. Uji coba ini harus anda lakukan guna mengecek apakah door stopper terpasang secara benar. Apabila pemasangan berjalan dengan sempurna, maka door stopper tidak akan menimbulkan bunyi karena magnet yang terdapat pada sisi tembok dan pintu akan saling bertautan efek magnet yang saling tarik-menarik. Untuk membukanya kembali, Kerahkan tenaga yang ekstra karena daya tarik menarik dari magnet penahan  pintu menempel cukup kuat.

Semoga informasi cara pemasangan penahan pintu pada posisi yang tepat dapat memudahkan anda dalam pemasangan door stopper. Lindungi pintu rumah anda dari bunyi yang mengganggu dan gesekan secara langsung antara handle pintu dengan tembok.

Ragam Pilihan Door Stopper dari ONASSIS

Pentingnya sebuah door stopper untuk bisa disematkan pada pintu maupun lantai di sebuah ruangan tersebut bisa menjadi pilihan tersendiri agar fungsi pada pintu menjadi lebih fleksibel serta menambah terjaga dari sisi keamanannya. Lebih lanjut untuk bisa mendapatkan pilihan produk Door stop berkualitas, ONASSIS memberikan beragam produk penahan pintu yang bisa dipilih agar bisa disesuaikan dengan pintu ruangan para penghuninya.

Hadir dengan beragam pilihan bentuk, warna, hingga material yang ada, ONASSIS mampu menjadi tempat yang lengkap untuk bisa memenuhi kebutuhan para penghuninya dari segi produk kunci pintu, partisi pintu dan jendela, hingga Door Closer sendiri.

Adapun beberapa pilihan produk door stop dari ONASSIS adalah:

1. Door Stop Stainless Onassis 09

door stopper

Produk penahan pintu yang satu ini memiliki bentuk yang unik dan simple seperti keong. Produk ini berfungsi menahan pintu yang terbuat dari kaca dan biasanya dipasang di lantai. Adapun fitur dari Door stop stainless Onassis 09 adalah:

  • Bahan stainless agak doff ( tidak kilap ) yang kuat dan tebal
  • Memiliki diameter lingkar 4.4 cm yang tidak memakan tempat
  • Bentuknya unik dan ergonomis
  • Pemasangan bor ke lantai termasuk sekrup dan fishernya, sehingga tidak membahayakan pintu kaca

2. Penahan Door Stop Pintu Kaca Mini Ons 06-Door Stopper Onassis Stainless

door stopper

  • Berbahan stainless tebal
  • Memiliki model minimalis kecil
  • Dengan ukuran tinggi 4 cm diameter stopper 3cm
  • Pemasangan bor ke lantai termasuk sekrup dan fishernya

Untuk mengetahui  info lebih lengkapnya dan varian lain dari door stopper ONASSIS, Anda bisa mengunjungi website kami atau kunjungi online shop kami dan milikilah produk smart lainnya.