2 Fungsi Utama Motion Sensor yang Anda Harus Tahu!

motion sensor adalah
motion sensor adalah

Tahukah Anda, jika salah satu kemampuan perangkat yang sering digunakan sebagai alarm, bisa mendeteksi gerakan? Ya! Motion sensor adalah salah satu perangkat yang memiliki teknologi pendeteksi gerakan. 

Dewasa ini, pendeteksi gerak atau motion sensor adalah perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari sistem keamanan dalam rumah yang memiliki konsep smart home system. 

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa itu motion sensor dan bagaimana cara kerjanya? Dalam artikel ini akan kita bahas secara jelas apa itu motion sensor beserta cara kerja dan manfaatnya, berikut rekomendasi produk pendukung dari Onassis. 

Apa itu Motion Sensor?

Motion sensor adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk mendeteksi gerakan. Biasanya motion sensor telah dilengkapi dengan Passive InfraRed (PIR) ditujukan untuk aplikasi pendeteksi gerakan yang berasal dari panasnya benda. Gerakan manusia dan hewan bisa terdeteksi oleh motion sensor ini walaupun dengan cahaya yang minim.

Modul sensor ini sudah dilengkapi dengan lensa fresnel yang berfungsi untuk memperlebar sudut pendeteksian sensor.  Motion sensor biasanya di trigger-kan dengan produk lainnya. Contoh, trigger dengan sirine alarm, CCTV, lampu pintar atau sensor pintu dan jendela.

motion sensor adalah

Cara Kerja Motion Sensor

Cara kerja motion sensor adalah menangkap pancaran infra merah dari sebuah objek, mendeteksi panasnya dan mengirim sinyal kepada alat yang sudah di trigger-kan sebelumnya. Teknologi PIR atau Passive InfraRed  yang tersemat di dalam motion sensor adalah infra merah pasif, artinya tidak mengeluarkan sinar infrared, tapi hanya menangkap panas atau infrared dari objek. 

Perlu diketahui, sensor PIR hanya dapat mendeteksi pancaran infrared dengan panjang gelombang 8-14 mikrometer. Sedangkan manusia memiliki suhu badan yang dapat menghasilkan pancaran infrared dengan panjang gelombang antara 9-10 mikrometer. Artinya, panjang gelombang suhu yang dikeluarkan manusia tersebut dapat terdeteksi oleh sensor PIR. Sehingga membuat sensor ini sangat efektif digunakan sebagai human detector

2 Fungsi Utama serta Manfaat Motion Sensor

Jika diperhatikan, fungsi utama motion sensor adalah sebagai pendeteksi gerak yang dapat memicu alarm atau sensor peringatan. Tapi, selain berfungsi sebagai alarm, ternyata motion sensor juga bisa dimanfaatkan sebagai alat pengontrol listrik di rumah. 

1. Sebagai Alarm

motion sensor adalah

Seperti yang telah dijelaskan di atas, motion sensor adalah salah satu alat yang memicu aktifnya tanda bahaya atau alarm. Alat ini akan bekerja sangat optimal jika di trigger-kan atau terintegrasi dengan perangkat lain untuk membunyikan alarm, atau memberikan sinyal tanda bahaya ke smartphone

Seperti yang sering terjadi di smart home system dari Onassis, yaitu men-trigger-kan Onassis Smart Home Motion Sensor dengan produk Onassis SIrine Alarm. Ketika motion sensor menangkap gerakan yang mencurigakan, maka secara otomatis akan mengirim tanda bahaya ke sirine alarm. Respon dari sirine yang telah di trigger-kan tadi akan membuat panik pencuri  ketika mendengar suara alarm yang sangat keras.

Sederhananya, motion sensor berfungsi sebagai bagian dari alarm, dan bermanfaat untuk mencegah terjadinya tindakan kejahatan.

2. Pengontrol Penggunaan Listrik

Selain berfungsi sebagai alat pemicu alarm, motion sensor juga bisa digunakan sebagai saklar otomatis yang bisa menyalakan lampu saat mendeteksi adanya gerakan di ruangan. Seperti meletakkan motion sensor yang telah di trigger-kan dengan lampu cerdas di lorong atau tempat yang cukup jarang dilewati. Sehingga ketika ada yang lewat di tempat itu, secara otomatis motion sensor akan merespon dan memberi sinyal ke lampu pintar untuk menerangi tempat yang dilewati. 

Penggunaan sensor seperti ini cukup bermanfaat untuk menghemat pemakaian lampu yang tidak perlu, terutama di rumah Anda.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba men-trigger-kan Onassis Smart Home Motion Sensor dengan Wifi Smart Bulb dari Onassis.

Keunggulan Produk Motion Sensor dari Onassis

1. Onassis Smart Home Motion Sensor

motion sensor adalah

Produk dengan teknologi PIR (Passive Infrared Sensor) ini bisa mendeteksi orang atau hewan yang bergerak dengan jarak deteksi 7 meter. Teknologi Ultra-Bright Red LED yang terdapat di dalam Motion Sensor M1 ini juga didesain untuk mendeteksi pergerakan secara real time, baik siang maupun malam (minim cahaya). 

Ukurannya yang kecil dan minimalis sangat compact dan praktis untuk dipadukan dengan dengan desain interior ruangan apapun. Dapat di trigger-kan dengan produk Onasis lainnya. Contoh, trigger dengan Onassis sirine alarm, CCTV dan lain-lain.

2. Smart Door and Window Sensor SMH/ONS DW SENS

motion sensor adalah

Salah satu keunggulan produk ini adalah, keamanan ekstra yang Anda inginkan bisa terwujud. Dengan sensor alarm yang tersematkan dalam fiturnya, memudahkan Anda untuk mendeteksi gerakan yang mencurigakan dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

Baca juga: 5 Tipe Alarm Rumah yang Harus Anda Ketahui

Smart Door Sensor Onassis memungkinkan Anda mendapatkan notifikasi melalui ponsel ketika pintu atau kaca terbuka maupun tertutup. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi karena Anda dapat memantau dan memastikan kondisi pintu atau jendela terbuka atau tertutup selama 24 jam penuh. 

Alat ini juga bisa di trigger-kan dengan alarm sirene, smart bulb, dan motion sensor yang lain.Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi katalog produk SMART THINGS ONASSIS . Anda juga bisa berbelanja dengan mudah melalui Onassis Prioritas dan marketplace langganan Anda.