Apa Perbedaan Air Purifier dan Humidifier? Simak di Sini

perbedaan air purifier dan humidifier
perbedaan air purifier dan humidifier

Salah satu alat yang berfungsi untuk menyaring udara adalah air purifier. Sedangkan alat yang berfungsi untuk meningkatkan kelembaban udara adalah humidifier. Namun, tidak semua orang benar-benar memahami perbedaan antara air purifier dan humidifier

Ada banyak orang yang justru memahami kedua alat tersebut memiliki fungsi yang sama. Sebab, kedua alat tersebut sama-sama melakukan pengelolaan udara. Jika air purifier membersihkan udara, humidifier meningkatkan kelembaban udara. 

Untuk mengenal lebih jauh tentang kedua alat tersebut, artikel di bawah ini menjelaskan informasi mengenai perbedaan air purifier dan humidifier. Selain itu, sebagai penyedia hardware terbaik di Indonesia, Onassis memberikan rekomendasi yang sesuai kebutuhan Anda untuk pengelolaan udara. 

Simak selengkapnya di bawah ini. 

Perbedaan antara Air Purifier dan Humidifier

Air purifier dan humidifier adalah dua alat yang berbeda dengan fungsi yang berbeda pula. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

1. Fungsi

  • Air purifier: Air purifier berfungsi untuk membersihkan udara dari partikel-partikel berbahaya, seperti debu, polusi, alergen, dan bakteri .
  • Humidifier: Humidifier berfungsi untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan. Alat ini bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara, sehingga membantu menjaga kelembaban dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh udara yang kering.

2. Cara Kerja

  • Air purifier: Air purifier bekerja dengan menggunakan filter atau teknologi lainnya untuk menyaring partikel-partikel berbahaya di udara. Beberapa air purifier juga dilengkapi dengan teknologi UV-C untuk membunuh bakteri dan virus.
  • Humidifier: Humidifier bekerja dengan menghasilkan uap air yang dikeluarkan ke udara untuk meningkatkan kelembaban. Ada beberapa jenis humidifier, seperti evaporative humidifier dan ultrasonic humidifier.

3. Kebutuhan Air

  • Air purifier: Air purifier tidak membutuhkan air untuk berfungsi. Alat ini hanya membutuhkan daya listrik untuk mengoperasikannya.
  • Humidifier: Humidifier membutuhkan air sebagai bahan bakunya. Air ini akan diubah menjadi uap air yang dikeluarkan ke udara.

Dengan demikian, perbedaan utama antara air purifier dan humidifier terletak pada fungsi dan cara kerjanya. Air purifier digunakan untuk membersihkan udara dari partikel berbahaya, sedangkan humidifier digunakan untuk meningkatkan kelembaban udara di dalam ruangan.

Selain air purifier dan humidifier, Anda perlu mengenal diffuser. Apa itu diffuser?

Pengertian Diffuser

Secara umum, diffuser adalah alat yang mampu mengubah minyak esensial menjadi aromaterapi. Aroma tersebut mampu menyebarkan ke udara sehingga mudah dihirup. Adapun penggunaannya mampu menciptakan suasana menjadi nyaman sehingga mengurangi pikiran dan meredakan stres. 

Manfaat Diffuser

Ada beberapa manfaat yang perlu Anda ketahui tentang diffuser, yaitu:

1. Melancarkan Pernapasan

Bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan, khususnya alergi, minyak atsiri adalah minyak baik untuk mengurangi penyumbatan. Bukan hanya itu saja, melainkan juga meredakan peradangan di saluran pernapasan. Apabila penggunaannya efektif, membuat Anda bisa lebih bernafas dan mudah mengatasi alergi. 

2. Relaksasi Tubuh

Kandungan minyak atsiri sangat baik bagi tubuh. Alhasil, minyak esensial yang berasal dari diffuser membantu Anda untuk memberikan efek rileks. Maka dari itu, taruhlah alat ini di atas meja supaya pikiran Anda tenang dan tubuh menjadi rileks. 

3. Mencegah Flu dan Pilek

Kandungan berupa senyawa organik dan antimikroba dari minyak atsiri memberikan efek baik bagi tubuh. Efek tersebut berupa bakteri akan kesulitan menyerah tubuh manusia. Sehingga, minyak atsiri mampu meningkatkan kekebalan tubuhmu sehingga tidak rentan terkena penyakit seperti flu dan pilek. 

4. Mengusir Nyamuk dan Serangga

Kehadiran diffuser yang didalamnya berisi minyak esensial secara efektif dapat mengusir nyamuk dan lalat. Sehingga, kamu tidak perlu lagi menggunakan racun serangga untuk mengusir nyamuk dan lalat. 

5. Sebagai Aroma Esensial

Kehadiran aroma terapi memberikan kesegaran bagi pemilik rumah. Sebab, selain menenangkan, juga memberikan kenyamanan di dalam ruangan. Namun begitu, diffuser lebih baik dari segi fungsi. Sebab, berperan untuk membersihkan udara serta memberikan wewangian esensial dalam ruangan. 

Rekomendasi untuk Smart Diffuser

Sebagai penyedia hardware terbaik di Indonesia, Onassis memberikan rekomendasi smart diffuser terbaik untuk Anda, yaitu Smart Aromatic Diffuser Aromatherapy.

Smart Diffuser Onassis

Dengan finishing yang berkelas, Onassis Smart Aromatic Diffuser tampak terlihat anggun ketika digunakan. Apalagi kombinasi warnanya yaitu doff dan glossy. Alat ini mampu membuat udara lebih segar dan bersih. Selain itu, dengan therapy oil, alat ini mampu menciptakan udara sehingga meredakan sakit kepala dan nyeri.