5 Tips Memilih Pintu Toilet Rumah dan Cara Mudah Memasangnya

pintu toilrt
pintu toilrt

Jika saat ini Anda sedang melakukan renovasi rumah, pertimbangkan untuk mengganti pintu toilet baru. Memang ada tantangan tersendiri untuk memilih pintu kamar mandi yang tepat. Mulai dari material pintu yang tahan lembap serta ukuran pintu yang pas. Oleh karena itu, saat memilih pintu toilet di rumah, pertimbangkan material dan estetika pintu yang Anda inginkan. Simak ulasan tips memilih dan memasang pintu kamar mandi serta temukan rekomendasi produk door hardware terbaik untuk pintu kamar mandi hanya di Onassis.

Tips Memilih Pintu Kamar Mandi yang Tepat

1. Pilih Material yang Tepat untuk Pintu

Jenis pintu kayu memang populer untuk digunakan sebagai pintu interior di rumah karena mempunyai kesan hangat dan homey. Anda harus cermat memilih pintu kamar mandi dari material kayu yang kokoh dan tahan pelapukan. Maka dari itu, pilihlah pintu kayu berkualitas untuk toilet, dan cegah pelapukan kayu dengan memasang ventilasi yang memadai di toilet Anda.

2. Perhatikan Ukuran Pintu Kamar Mandi

Saat memilih pintu kamar mandi, pastikan ukuran pintu tepat untuk kamar mandi Anda. Ukuran standar minimum untuk pintu masuk kamar mandi adalah tingginya 80 inci (203 cm) dan lebar 24 hingga 36 inci (60-91 cm). Untuk lebih akurat, ukur pintu kamar mandi dengan tepat.

3. Pilih Pintu Bukaan Depan

Agar lebih nyaman saat melakukan aktivitas “bebersih” di dalam kamar mandi, sebaiknya pilih pintu kamar mandi dengan daun pintu yang membuka ke arah luar ruangan atau bukaan depan. Pintu bukaan depan juga dapat memberi banyak ruang yang lega di dalam kamar mandi.

4. Pilih Gagang Pintu Toilet yang Nyaman

Saat memilih pintu yang cocok untuk toilet rumah Anda, jangan lupakan gagang pintu seperti apa yang akan dipasang untuk pegangan. Pilihlah produk gagang pintu atau handle yang menonjolkan style dan dekorasi kamar mandi di rumah Anda. Material handle yang paling cocok untuk toilet seperti ceramic, stainless steel, brass atau kuningan, dan lainnya. Untuk pegangannya, pilih lekukan handle yang paling nyaman untuk semua penghuni rumah.

5. Pertimbangkan Kunci Pintu Kamar Mandi yang Aman

Mengamankan pintu untuk toilet sangat penting dengan menggunakan kunci pintu yang aman. Pasti Anda menginginkan kunci toilet yang aman, mudah digunakan, serta tidak macet. Salah satu jenis kunci toilet yang bisa Anda gunakan adalah kunci gerendel atau selot pintu. 

Biasanya, gerendel dipasangkan dengan pegangan atau kenop pintu yang tidak ada fitur kuncinya. Kunci gerendel dipasang secara terpisah dan mudah dibuka dari dalam kamar mandi.

Cara Pasang Pintu Toilet Tanpa Tukang

Setelah mendapatkan pintu kamar mandi yang paling sesuai, saatnya Anda memasang sendiri pintu untuk toilet Anda tanpa membutuhkan bantuan tukang. Berikut adalah panduan sederhana cara memasang pintu kamar mandi yang benar:

1. Ukur Lubang Pintu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengukur lubang pintu kamar mandi secara tepat. Selanjutnya, pasang tiang-tiang kusen dengan ukuran yang sama dengan lubang pintu.

2. Mengokohkan Kusen Pintu

Setelah Anda membeli kusen pintu kamar mandi yang terbuat dari material plastik, masukkan batangan kayu ke lubang kusen pintu yang membantu kusen berdiri lebih kokoh.

3. Sesuaikan Kusen dengan Lubang Pintu

Setelah memasukkan kayu ke dalam kusen plastik, pasang kusen pintu ke lubang pintu dan atur posisi kusen.

4. Lubangi Sisi Kusen

Setelah posisi kusen dan lubang pintu sudah tepat, langkah berikutnya adalah lubangi sisi kusen. Anda perlu menggunakan bor untuk melubangi beberapa sisi kusen sesuai kebutuhan.

5. Bor Beton dan Pasang Kusen Pintu

Setelah kusen dibor, berikutnya kusen yang ukurannya sudah sesuai dengan lubang pintu, dilepas terlebih dahulu. Selanjutnya, lubangi bagian dinding beton di titik yang sama dengan kusen yang sudah dilubangi dengan bor. 

Setelah melubangi beberapa titik, baru pasang paku fisher pada lubang-lubang tersebut. Lalu pasang kembali kusen di lubang pintu dan rekatkan kusen pada dinding menggunakan sekrup.

6. Memasang Engsel Pintu

Selanjutnya setelah kusen sudah terpasang, saatnya memasang engsel pintu. Agar pintu dapat dibuka tutup dengan baik, sebaiknya engsel pintu dipasang dengan ukuran standar, jarak 20 cm dari ujung bawah dan ujung atas pintu. Cara pasang engsel cukup mudah, hanya dengan melubangi beberapa titik pada pintu lalu pasang engsel di atas lubang. Selanjutnya, rekatkan engsel menggunakan sekrup.

7. Memasang Handle Pintu

Agar pintu toilet dapat dibuka dan ditutup lebih nyaman, pasang handle pintu yang sesuai. Untuk pintu plastik, gunakan handle berbentuk bulat. Jika pintu dari aluminium atau logam, bisa gunakan handle anti karat yang materialnya ringan. 

8. Pasang Selot atau Gerendel Pintu

Untuk mengunci pintu kamar mandi dari dalam, pasanglah kunci gerendel atau selot pintu. Cara pasangnya cukup mudah dengan melubangi kusen pintu sebagai tempat sekrupnya, lalu pasang gerendel.

Rekomendasi Door Hardware Onassis untuk Pintu Toilet 

Door Knob Handle 5871 SS

door knob handle

Kunci pintu berbentuk bulat dari Onassis ini bisa dipasang untuk pintu kayu kamar mandi. Memiliki desain kunci toilet yang elegan dan dibuat dari material stainless steel yang ringan dan tahan korosi. Jadi kunci handle bulat ini sebagai pilihan terbaik untuk pengaman pintu kamar mandi di rumah Anda. 

Grendel Pintu BL 2” RL Stainless Steel

gerendel pintu

Grendel atau selot pintu ini digunakan untuk tambahan mengunci pintu kamar mandi sehingga menjadi lebih aman. Terbuat dari material STAINLESS STEEL dengan finishing hairline.

Baca juga: Model Handle Pintu Terbaik Sesuai Jenis Pintu dan Fungsinya

Onassis Hardware menawarkan kemudahan bagi Anda dalam memilih berbagai produk door hardware terbaik untuk pintu di rumah Anda, termasuk pintu kamar mandi. Dapatkan berbagai produk door hardware serta produk smart home untuk memenuhi kebutuhan rumah Anda. Dapatkan penawaran menarik sebagai member Onassis Prioritas serta belanja online secara mudah melalui official Tokopedia Onassis.