Smart Lock Door Error? Ini 3 Cara Atasi dan Tips Mencegahnya

smart lock door error
smart lock door error

Teknologi memang memberikan kemudahan serta kenyamanan yang luar biasa bagi manusia. Salah satu teknologi yang semakin populer digunakan oleh banyak orang yaitu smart lock door. Sudah banyak orang yang menggunakan perangkat pintar ini karena menawarkan banyak kemudahan dibanding kunci logam konvensional. Meskipun begitu, tidak bisa dipungkiri bahwa ada waktu di mana teknologi ini berhenti berfungsi atau error. Seperti smart lock door error yang mungkin saja terjadi pada perangkat Anda di kemudian hari. Mari simak cara mengatasi dan mencegahnya berikut ini.

Smart lock door sejatinya memberikan Anda kemudahan dalam membuka atau menutup pintu, mengontrol akses keluar/masuk, serta memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi. Semua kemudahan tadi bisa Anda lakukan hanya melalui aplikasi di ponsel. Salah satu bentuk error yang umumnya terjadi adalah terkait sistem. Misalnya, Anda sudah memasukkan kata sandi, sidik jari, atau kredensial lainnya tetapi tidak berhasil membuka. Kabar baiknya yaitu smart lock door error dapat dengan mudah diperbaiki terutama jika Anda tahu penyebab. Anda juga tidak perlu khawatir karena Anda bisa coba mengikuti langkah-langkah mengatasi smart lock door error dibawah ini.

Cara Mengatasi Smart Lock Door Error

1.   Gunakan kunci manual

Saat Anda membeli smart lock door biasanya kunci fisik sudah tersedia sebagai kunci cadangan. Kunci ini berguna sebagai langkah antisipasi untuk membuka perangkat smart lock door dalam keadaan darurat. Anda dapat dengan mudah membuka pintu menggunakan kunci manual meskipun smart lock door sedang error. Ini bisa menjadi langkah pertama ketika smart lock door Anda tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

2.   Cek kondisi baterai

Kebanyakan smart lock door di pasaran menggunakan baterai sebagai daya karena kompatibel dengan sistem otomasi smart home. Namun, jika baterai habis Anda mungkin tidak bisa membuka smart lock door, fitur otomatis tidak aktif, dan metode penguncian terbatas. Umumnya, smart lock door akan memberikan notifikasi ketika baterai hampir habis sehingga mencegah dugaan ‘error’ pada perangkat. Gantilah baterai jika habis dengan cara membuka penutup baterai dan menggantinya. Tunggu hingga lampu hijau pada smart lock berkedip dan cobalah tes kembali fungsi perangkat.

3.   Mulai ulang smart lock door

Jika kedua cara diatas tidak berhasil, cobalah untuk mereset perangkat smart lock door. Caranya dengan membuka penutup panel yang biasanya berada di dekat baterai dan carilah tombol ‘reset’. Setelah itu tekan dan tahan tombol reset selama 10 detik hingga berbunyi ‘bip’. Jika smart lock door sudah menunjukkan warna merah itu berarti Anda berhasil mengatur password dengan default pabrik. Setelah password dipulihkan, kini saatnya membuat password baru.

smart lock door error

Tips Agar Smart Lock Door Tidak Error

Semua perangkat elektronik yang Anda miliki harus dipelihara dengan baik supaya awet dan tidak cepat rusak. Pemeliharaan ini tidak hanya memperpanjang fungsi guna perangkat Anda tetapi juga membuat fungsi perangkat bekerja dengan maksimal. Untuk menjaga agar smart lock door di rumah Anda tidak error, simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan di bawah ini!

Mengganti baterai enam bulan sekali

Bila perangkat tidak menggunakan baterai sekunder (baterai yang dapat diisi ulang), maka perlu dilakukan penggantian secara berkala. Secara umum usia pakai baterai sekali pakai pada smart lock door bertahan antara 6 hingga 9 bulan. Sebagian besar model smart lock door juga memiliki fitur untuk memberikan notifikasi pada pengguna ketika baterai hampir habis. Namun bila fitur ini tidak ada, penggantian diperlukan agar perangkat bekerja dengan baik.

Mengganti kata sandi secara berkala

Tidak ada frekuensi tertentu untuk mengganti kata sandi kecuali pada situasi yang mengharuskan Anda menggantinya. Misalnya, jika Anda menitipkan rumah pada orang lain saat bepergian jauh selama beberapa hari. Saat kembali dari liburan, lebih baik Anda mengganti kata kunci dengan yang baru untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Langkah ini juga mampu meningkatkan sistem keamanan yang dimiliki.

Menyimpan kunci fisik di tempat yang mudah diakses

Kebanyakan kunci pintu pintar dilengkapi dengan kunci fisik sebagai alternatif jika terjadi error. Oleh karena itu pastikan Anda menyimpan kunci fisik pada tempat yang mudah diakses. Anda bisa menyimpannya di dompet atau gantungan kunci yang selalu Anda bawa kemanapun.

Memilih smart lock door terbaik

Tips yang satu ini menjadi bentuk pencegahan awal yang sangat penting. Produk smart lock door terbaik tentu akan menawarkan jaminan masa guna yang lebih tahan lama. Tidak hanya fitur yang lengkap dan kemudahan mengakomodasi kesalahan, produk yang baik juga akan menggunakan bahan berkualitas tinggi.

smart lock door

Rekomendasi Smart Lock Door Onassis

Pemeliharaan smart lock door dengan baik tentunya akan mencegah terjadinya error pada perangkat tersebut. Selain itu, pastikan Anda menggunakan smart lock door yang menawarkan fitur terbaik untuk rumah Anda. Sekarang saatnya kami memberikan rekomendasi smart lock door terbaik yang cocok untuk berbagai konsep hunian.

Salah satu model smart lock dari Onassis yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu Smart Lock K5 Pro. Perangkat ini menawarkan kemudahan akses dengan lima cara, yaitu melalui aplikasi, sidik jari, kata sandi, kartu RFID, dan kunci konvensional. Fitur menarik lainnya dari produk ini adalah kemampuan memberikan notifikasi saat baterai hampir habis. Fitur ini sudah membantu menurunkan risiko smart lock door error. Termasuk adanya USB slot emergency untuk memberikan daya dari powerbank atau aliran listrik dari luar pada kondisi darurat, misal saat hunian terpaksa ditinggal lama oleh penghuninya. Produk ini juga mudah didapatkan melalui toko resmi Onassis di Tokopedia.