5 Jenis dan Panduan Ukuran Engsel Pintu bagi Hunian

ukuran engsel pintu
ukuran engsel pintu

Engsel pintu merupakan komponen penting yang menyambungkan daun pintu ke kusen dan memungkinkan pintu untuk dibuka atau ditutup dengan mudah. Komponen ini bisa ditemukan di hampir seluruh pintu di rumah Anda. Mulai dari pintu masuk utama, pintu kamar, pintu lemari, bahkan mungkin pintu gerbang dan garasi hunian. Itulah mengapa ada berbagai jenis dan fungsi berbeda dari setiap engsel. Ada engsel pintu yang terbuat dari besi, kuningan plastik, hingga campuran logam dengan beragam bentuk serta fungsinya. Oleh karena itu pemasangan engsel tidak bisa sembarangan karena ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan. Jika salah memilih jenis atau ukuran engsel pintu, maka engsel akan cepat rusak atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali. Berikut adalah 5 jenis dan fungsi dari engsel pintu yang paling banyak digunakan saat ini.

Jenis Engsel Pintu

1. Engsel kupu-kupu

Engsel kupu-kupu memiliki bentuk yang tipis dan biasanya terbuat dari logam atau kuningan. Bentuknya yang menyerupai kupu-kupu ini dipasangkan pada daun pintu satu sisi dan bingkai pintu pada sisi yang lain. Material engsel yang ringan cocok dipasang pada pintu yang bebannya tidak berat seperti pintu PVC dan aluminium. Sedangkan dari segi ukuran, jenis engsel kupu-kupu ini memiliki variasi ukuran mulai dari 1.5 inci hingga 4 inci yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

2. Engsel panel

Engsel panel memiliki bentuk yang sangat mirip dengan engsel kupu-kupu, bedanya engsel panel memiliki ukuran yang tebal sehingga sangat kokoh. Jenis engsel ini dirancang untuk pintu dengan material yang berat dan tebal seperti pintu dari kayu jati atau kayu merbau. Engsel panel diproduksi dengan bahan logam, tetapi ada juga yang diproduksi dengan bahan plastik. Jenis engsel ini memiliki beberapa ukuran mulai dari 3 inci hingga 6 inci.

3. Engsel bubut

Engsel bubut memiliki bentuk seperti tabung dan memiliki lubang di bagian tengahnya. Lubang tersebut berfungsi untuk meletakkan besi engsel agar dapat berputar. Biasanya engsel ini terbuat dari besi dan digunakan untuk merekatkan pintu dengan ukuran yang berat seperti pintu pagar besi.

4. Engsel piano

Seperti namanya, engsel piano awalnya digunakan untuk daun penutup piano sehingga ukurannya relatif kecil. Namun saat ini engsel piano bisa digunakan untuk jendela, lemari, dan pintu. Engsel ini cukup populer karena praktis dan dijual dengan satuan per meter sehingga Anda bisa menggunakannya untuk beberapa jendela, pintu lemari, atau pintu sekaligus. Keunggulan engsel piano ini yaitu bisa meratakan beban ke seluruh bagian pintu sehingga lebih awet saat digunakan.

5. Engsel patrom

Engsel patrom memiliki bentuk seperti huruf H dan biasanya digunakan untuk pintu yang ringan seperti pintu aluminium. Sering kali disebut dengan engsel cabut karena mudah dilepas dan dipindahkan. Jenis engsel ini memiliki ukuran berbeda-beda mulai dari 80×50 mm, 110x55mm, hingga 140×60 mm yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

ukuran engsel pintu

Panduan Ukuran Engsel Pintu

Satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih engsel yaitu pastikan engsel yang akan dipasang sepadan dengan beban pintu yang akan ditanggung. Semakin berat pintu, berarti engsel yang dibutuhkan semakin besar atau berat dalam menahan beban agar pintu bisa berfungsi dengan lancar. Simak panduan dibawah ini untuk memudahkan Anda memilih jenis dan ukuran engsel yang paling sesuai.

  1. Sebelum membeli engsel pintu, perhatikan lebar dan tinggi pintu, beban pintu, serta arah bukaan pintu. Ini bertujuan untuk menyesuaikan jenis engsel dengan pintu agar engsel berfungsi maksimal dan tahan lama.
  2. Biasanya engsel yang berkualitas terbuat dari kuningan atau stainless steel karena sifatnya yang tahan karat sehingga masa penggunaan lebih panjang. Pilihlah penghubung antar lempengan pelatnya yang menggunakan bearing besi dan spare paling rapat.
  3. Untuk pintu dengan tinggi standar 210 cm, pemasangan dua buah engsel sudah cukup. Tapi jika tinggi pintu di atas 230 cm, Anda bisa memasang tiga buah engsel. Penggunaan tiga engsel pada pintu sudah menjadi standar konstruksi di banyak tempat karena lebih stabil, tahan lama, dan aman.
  4. Sesuaikan ukuran engsel dengan pintu rumah Anda. Pintu utama dengan tinggi standar 210-220 cm dan lebar 80-90 cm sebaiknya menggunakan engsel pintu ukuran 4 dan 5 inci. Ukuran standar engsel yang beredar di pasaran biasanya ukuran 4 dan 5 inci. Ukuran 5 inci direkomendasikan karena mampu menahan beban lebih berat. Pengukuran standar yang paling umum untuk engsel pintu yaitu:
  • 3 inci – digunakan untuk pintu internal dan eksternal yang ringan seperti pintu aluminium atau UPVC
  • 4 inci – digunakan untuk pintu internal dan eksternal yang yang lebih berat seperti pintu kayu
  • 5-6 inci – digunakan untuk pintu yang sangat berat seperti pintu besi

Rekomendasi Engsel Terbaik dari Onassis

rekomendasi engsel pintu

Jika Anda sudah paham tentang jenis dan ukuran engsel pintu, sekarang saatnya mencari merk engsel yang berkualitas. Pemilihan engsel pintu yang berkualitas dapat membantu fungsi pintu rumah Anda beroperasi dengan baik dan tahan lama. Simak rekomendasi engsel pintu terbaik dari Onassis yang bisa Anda jadikan pilihan berikut.

  1. Engsel Pintu Onassis 432-2BB Econic Black

Engsel pintu ini memiliki material stainless steel anti karat dengan desain yang elegan berwarna hitam. Dengan tinggi 4 inci dan lebar 3 inci, engsel pintu ini bisa Anda gunakan di pintu rumah utama atau pintu kamar.

  1. Engsel Pintu Bellucci FHP SMN

Engsel pintu Bellucci ini terbuat dari material stainless steel berkualitas tinggi namun harganya tetap terjangkau. Dengan ukuran tinggi 4 inci dan tebal 3 mm, varian ini cocok untuk pintu dengan bahan yang berat.

Semua produk engsel di atas telah disertai dengan baut jadi Anda bisa langsung memasangnya. Untuk informasi spesifikasi produk dan harga promonya, kunjungi Tokopedia Onassis resmi.