Cara Pasang Door Closer Ini Mudah Serta Rekomendasinya

cara pasang door closer
cara pasang door closer

Door closer merupakan perangkat tambahan yang berfungsi agar pintu tertutup secara otomatis setelah dibuka. Perangkat ini berguna untuk memastikan bahwa pintu tertutup dengan rapat dan tidak ditinggalkan dalam keadaan terbuka. Door closer umumnya dipasang pada pintu atas bagian dalam dan sudah umum digunakan pada kantor, toko, atau restoran, terutama pada ruangan yang menggunakan AC. Aksesoris pintu ini juga berguna untuk mengontrol laju ataupun bantingan pintu saat ditutup agar pintu tidak cepat rusak. Cara pasang door closer pun mudah dengan mengikuti tahap-tahapnya berikut ini.

Seiring perkembangan waktu, door closer juga mulai banyak digunakan pada rumah-rumah. Penggunaan perangkat ini pada rumah mampu menjaga privasi dan memberikan keamanan pada ruangan. Alat ini bisa menarik daun pintu secara otomatis setelah dibuka sehingga Anda tidak perlu mengecek pintu berulang kali untuk memastikan apakah pintu sudah tertutup atau belum. Akses keluar masuk ruangan pun menjadi lebih mudah karena fleksibilitas yang didapat dari door closer.

Persiapan Pemasangan Door Closer

Pemasangan door closer terbilang tidak bisa cepat dilakukan karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak persiapan yang diperlukan sebelum memasang door closer di bawah ini.

  • Perhitungkan ukuran dan berat pintu. Hal ini menjadi faktor penting karena door closer yang dipilih harus sesuai dengan ukuran dan berat pintu sehingga mampu menahan beban pintu dan memaksimalkan kinerja door closer.
  • Pilih tipe door closer. Ada banyak jenis door closer yang tersedia, jadi pastikan Anda memperhatikan ruangan dan tipe pintu untuk menyesuaikan tipe door closer yang tepat.
  • Pilih door closer yang berkualitas. Pastikan Anda memilih door closer berkualitas, yang mudah dipasang, dan dilengkapi dengan intruksi pemasangan yang jelas.
  • Pertimbangakan kebutuhan aksesibilitas. Pilihlah door closer sesuai kebutuhan aksesibilitas. Jika Anda menginginkan pintu langsung tertutup ketika dibuka, pilihlah jenis Non-Hold Open Door Closer. Namun, jika ingin pintu tetap terbuka pada posisi tertentu Anda bisa memilih Hold Open Door Closer.

cara pasang door closer

Cara Memasang Door Closer

Sebelum melangkah ke cara-cara memasang door closer Anda perlu memahami komponen dari door closer. Pada perangkat door closer, ada bagian besar door closer yang akan dipasang pada daun pintu dan bagian yang lebih kecil (engsel) yang dipasang pada kusen pintu. Selanjutnya simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan Anda mengetahui arah bukaan pintu terlebih dahulu agar pemasangan tidak terbalik.
  2. Pasang bagian besar door closer pada bagian ujung atas dan pastikan jangan terbalik dengan bagian kecil.
  3. Perhatikan pemasangan jarak antara bagian besar door closer dengan samping pintu. Jarang bagian besar dengan sisi tepi pintu yang ideal setidaknya 25 cm.
  4. Pasang bagian kecil door closer (engsel) pada kusen pintu dengan mensejajarkannya dengan bagian besar door closer.
  5. Ketika memutar baut, sesuaikan dengan posisi bagian kecil (engsel) pintu. Apabila berada di sebelah kanan, makan pengatur bautnya juga harus berada di sebelah kanan
  6. Untuk mengatur seberapa cepat pintu menutup, bisa dilakukan saat memutar baut pada bagian besar door closing.
  7. Pasang baut pada kedua bagian, Anda bisa menggunakan bor agar lebih kuat dan kencang.
  8. Setelah terpasang dengan baik, lakukan percobaan untuk memastikan bahwa pintu otomatis ini berfungsi secara maksimal.
  9. Apabila belum berfungsi sesuai dengan keinginan, Anda bisa mengatur kecepatan dengan memutar baut pada bagian besar door closer.

Rekomendasi Door Closer dari Onassis

Setelah Anda memahami cara mudah memasang closer door, berikut adalah beberapa rekomendasi door closer terbaik dari Onassis yang bisa Anda jadikan pilihan sesuai kebutuhan pintu rumah Anda.

  1. DC/ONS 068 HO BL

Produk pertama ini memiliki desain berwarna hitam doff yang sangat elegan. Door closing ini cocok untuk daun pintu dengan maksimal lebar 90 cm dengan bukaan pintu satu arah hingga 90 derajat. Dengan kemampuan menahan berat beban pintu hingga mencapai 50 kg.

  1. DC/ONS 068 SY-HO

door closer terbaik

Produk selanjutnya memiliki spesifikasi yang sama seperti produk pertama, bedanya hanya pada warna silver dengan material aluminium alloy sehingga tahan lama dan anti korosi.

  1. DC/ONS 068 DR-SY

door closer terbaik

Door closer ini merupakan tipe Non-Hold Open Door yang bisa menahan beban pintu maksimal 35 kg. Dengan warna silver yang dilapisi material aluminium alloy akan sangat cocok untuk tipe rumah modern minimalis.

  1. DC/ONS 068 RL

Door closer tipe ini memiliki terbuat dari aluminium dengan warna lapisan warna silver. Dengan ukuran 90 cm, kapasitas bukaan hingga 90 derajat dan kapasitas beban pintu hingga 50kg.

  1.  DC/ONS 078 HG

Produk ini merupakan tipe Hold Open Door yang bisa menahan beban pintu hingga 60 kg dengan bukaan pintu 90 derajat. Dengan hydraulic press valvesm mampu mengontrol kecepatan penutupan pintu dua tahap secara otomatis.