5 Kelebihan IoT Smart Door Lock dan Contoh Penerapannya

iot smart door lock
iot smart door lock

Teknologi terus dikembangakan di segala aspek kehidupan karena kebutuhan manusia yang ingin segala sesuatunya menjadi lebih mudah, cepat, sekaligus efektif dan efisien. Salah satunya yang terus menjadi perhatian yaitu sistem keamanan rumah. Terdiri dari rangkaian perangkat, contoh kecil sistem keamanan rumah tradisional mengharuskan Anda untuk menggunakan kunci pintu setiap masuk atau keluar rumah. Sayangnya sistem penguncian konvensional masih memiliki kelemahan. Sehingga smart lock door hadir sebagai solusi sistem keamanan yang cerdas berbasis Internet of Things (IoT). IoT smart door lock mendukung beberapa metode akses seperti kode PIN, sidik jari, kartu akses, hingga teknologi pengenalan wajah.

IoT smart door lock adalah perangkat keamanan yang dilengkapi sistem penguncian otomatis saat ditutup dan dibuka melalui beberapa metode dengan teknologi canggih. Set penguncian ini memanfaatkan teknologi IoT untuk mengoperasikan kunci pintu rumah Anda dari jarak jauh melalui ponsel pintar atau perangkat lain seperti tablet yang terhubung ke internet. IoT sendiri merupakan teknologi komunikasi antar perangkat melalui koneksi internet tanpa bantuan manusia secara langsung. Perangkat yang telah menggunakan teknologi IoT mampu mengumpulkan data, mentransfer data, dan bertindak sesuai data yang ada melalui jaringan internet. Dalam hal ini, IoT smart door lock menggunakan sumber data khusus dari perangkat pintar yang terhubung sehingga mampu membuka, mengunci, dan mengontrol akses keluar masuk hunian dari jarak jauh. Hal ini secara signifikan meningkatkan keamanan rumah dan menjadi solusi terbaik bagi keluarga serta hunian Anda.

rekomendasi iot smart door lock

Kelebihan Smart Door Lock Berbasis IoT dan Penerapannya

Kelebihan IoT smart door lock yang paling utama yaitu meningkatkan keamanan rumah Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Simak kelebihan serta bagaimana penerapan kunci pintar ini dapat memberikan manfaat yang luar biasa untuk hunian Anda. 

1. Tidak perlu menggunakan kunci fisik

Dengan menggunakan IoT smart door lock Anda bisa membuka dan menutup pintu tanpa harus menggunakan kunci fisik. Anda tidak perlu lagi repot menyembunyikan kunci, merasakan kesalnya lupa membawa kunci, atau takut akan kehilangan kunci. Dengan adanya beberapa metode pembukaan akses yang canggih, kunci pintu bisa dibuka menggunakan ponsel pintar, kode PIN, atau sidik jari. Misalnya, Anda bisa memilih sistem penguncian sesuai kebutuhan dan mengubahnya secara berkala untuk menjaga rumah tetap aman dengan akses yang terbatas.

2. Kontrol rumah dari jarak jauh

Smart lock door berbasis IoT ini memungkinkan Anda untuk memantau pintu rumah dari jarak jauh melalui layar ponsel atau tablet. Anda bisa mengecek dan memantau siapa saja dan pada jam berapa seseorang masuk atau keluar rumah. Setiap ada aktivitas keluar dan masuk rumah, kunci pintu pintar akan memberikan notifikasi ke ponsel secara real-time. Termasuk ketika ada tindakan mencurigakan dan/atau aktivitas merusak pintu di rumah.

3. Mudah di akses saat situasi darurat

Beberapa model IoT smart door lock bisa diatur agar secara otomatis terbuka dalam situasi darurat seperti gempa atau kebakaran. Perangkat pintar tersebut sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk mengolah data suhu, udara, dan pergerakan lantai, misalnya, untuk mendeteksi guncangan dan asap. Sehingga ketika ada kebakaran atau gempa, kunci akan otomatis terbuka sehingga penghuni rumah bisa langsung keluar rumah tanpa kendala atau repot untuk memasukkan kode PIN atau sidik jari lagi.

4. Dapat mengatur akses keluar masuk di rumah

Perangkat smart door lock yang terhubung ke ponsel pintar memungkinkan Anda untuk memberikan akses keluar masuk dari mana saja. Anda bisa mengatur siapa saja yang boleh masuk rumah dengan memberikan kata sandi sementara ke orang tertentu. Jadi Anda bisa meminta tamu istimewa masuk ke rumah langsung dengan memberikannya nomor PIN. Bahkan nomor PIN ini juga bisa diatur masa berlakunya untuk meningkatkan validitasnya.

5. Tingkat keamanan yang lebih baik

Dengan segala fitur dan kelebihan dari kunci pintu pintar, keamanan rumah Anda menjadi lebih kuat. Kunci pintu biasa seringkali dibobol karena mudah dirusak oleh penjahat. Sedangkan IoT smart door lock hanya bisa dibuka dengan memasukan data biometrik yang sudah diatur. Misalnya, jika penjahat mencoba memasukkan password yang salah berulang kali, pintu otomatis terkunci selama beberapa jam dan hanya bisa dibuka dengan sidik jari atau kartu. Jika kunci digital Anda dilengkapi fitur pengenalan wajah, fitur ini dapat digunakan dengan memasukkan data keluarga sehingga hanya keluarga yang bisa masuk dan keluar rumah. Selain itu, kunci pintu pintar ini mampu diintegrasikan dengan perangkat keamanan lainnya seperti sensor gerak dan CCTV.

rekomendasi iot smart door lock

Rekomendasi IoT Smart Door Lock Terbaik

Penerapan IoT memudahkan Anda untuk mengontrol smart door lock dari mana saja dan kapan saja melalui aplikasi mobile. IoT memberikan manfaat yang luar biasa dalam menjalankan sistem dalam rumah pintar. Mulai dari meningkatkan keamanan rumah, memudahkan aktivitas, dan efisiensi listrik di hunian Anda.

Salah satu produk kunci digital dari Onassis yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu Smart Lock X6 Pro (gambar terakhir). Keunggulan utama dari produk ini yaitu teknologi built-in kamera dengan fitur pengenalan wajah 3D. Metode penguncian lain juga tersedia seperti sidik jari, kartu RFID, kata sandi, dan kode PIN yang bisa digunakan hingga 200 pengguna. Dalam produk set ini juga sudah tersedia 2 kunci manual untuk penggunaan waktu darurat seperti putusnya jaringan internet, misalnya. Material yang berkualitas serta desainnya yang elegan memberikan kesan mewah pada pintu rumah Anda.

Untuk versi yang lebih terjangkau, Onassis Smart Lock T61 Pro (gambar kedua) menjadi produk yang direkomendasikan. Dengan fitur yang hampir sama dengan produk sebelumnya, Anda bisa mendapatkan perangkat berbasis IoT ini hanya dengan 1 jutaan.