Cara Mudah Setting Remot AC Universal dan Daftar Kodenya

cara setting remote ac universal
cara setting remote ac universal

Rasanya AC sudah menjadi perabotan yang dimiliki sebagian besar hunian. Tidak hanya rumah dan kantor, kamar kos pun banyak yang memilih AC dibanding kipas angin. Sayangnya, salah satu kondisi yang menyebalkan dari AC adalah remotnya rusak atau hilang. Maka hadirlah perangkat pengganti bernama remote AC universal. Bagaimana cara kerja dan cara setting remote AC universal? Ikuti langkah mudahnya berikut ini.

Remot AC Universal dan Cara Kerjanya

Remot AC universal adalah pengganti remot AC asli atau bawaan yang mampu menjalankan fungsi dasar untuk berbagai merk AC. Itulah kenapa perangkat ini disebut sebagai remot universal. Beberapa fungsi yang dimaksud adalah menyalakan, mematikan, mengatur suhu, mengatur arah keluar udara, mengatur mode, hingga menjadwalkan waktu mati AC. Anda hanya tinggal memasukkan baterai dan men-setting perangkat ini agar AC dapat merespon perintah. Simak langkahnya berikut ini.

cara setting remot ac universal

Sumber: Freepik

Cara Setting Remote AC Universal

  1. Masukkan baterai dan nyalakan remot dengan menekan tombol “Setting” selama beberapa detik hingga layar remot menunjukkan tabel dan indikator angkat di pojok kanan bawah berkedip.
  2. Tekan “Setting” sekali lagi untuk menaikkan angka atau kode secara otomatis dan perlahan.
  3. Jika Anda ingin lebih cepat, tekan tombol “OK” lalu tekan dan tahan tombol “TEMP” naik. Kode akan terus bertambah dengan frekuensi yang cepat.
  4. AC akan otomatis menyala ketika kode yang ada pada remot sudah sesuai. Biasanya ditandai dengan bunyi “bip” sekali. Sehingga daftar kode di bawah ini sifatnya adalah kisaran.
  5. Setelah menemukan kode yang sesuai, tekan pilihan “OK”.
  6. Uji coba respon AC terhadap remot yang baru dengan menekan beberapa tombol fungsi lainnya. Remot AC universal Anda siap untuk digunakan.

Daftar Kode Sesuai Merk

Merk Kode
Akira 796-797
Daikin 740-759
Fujitsu 700-719 / 017
General 659 / 717-719
Hitachi 640-659
Huawei 281
Hyundai 780-789
LG 600-609
Mitsubishi 551-599
Panasonic 660-689
Samsung 610-629
Sanyo 500-550 / 860 / 943 / 946
Sharp 720-739
TCL 120-133
Toshiba 630-639

AC Pintar dan Remot Pintar

Seiring dengan perkembangan teknologi, AC dapat dimanfaatkan jauh lebih fleksibel dan menyeluruh. Tidak hanya sekedar mendinginkan ruangan, AC pintar juga hadir dengan keunggulan hemat energi. Dengan teknologi berbasis IoT (Internet of Things), AC dapat dikelola melalui aplikasi khusus. Pengguna AC dapat menjalankan semua fungsi dan fiturnya dari mana saja dan kapan saja. Bahkan Anda tidak perlu lagi memiliki remot khusus.

Berkaitan dengan hal tersebut, hadir juga remot pintar yang menawarkan beragam fungsi. Sifatnya sama dengan remot AC universal namun lebih fleksibel. Tidak hanya AC, remot pintar juga dapat digunakan pada perangkat lain. Anda dapat mengoperasikannya langsung dari smartphone atau tablet.

remot ac universal Onassis

Sumber: Onassis

Smart Remote Control Hub

Onassis menjawab keresahan Anda tentang remot universal dengan Smart Remote Control Hub. Tidak hanya AC, Anda juga dapat menggunakannya pada TV dan DVD. Selama Anda menggunakannya dalam satu ruangan yang sama, semua perangkat yang menggunakan remot infrared dapat dioperasikan dengan remot pintar ini.

Tidak berhenti sampai di situ, perangkat ini juga dapat dikelola dari mana saja selama terhubung dengan jaringan internet. Bahkan alat ini juga mendukung integrasi penggunaan melalui asisten suara berbasis AI, seperti Alexa, Google Home, dan Siri. Sehingga pengelolaan perangkat oleh lebih dari satu pengguna sangat memungkinkan. Simak cara setting remote AC universal dari Onassis berikut ini:

  1. Cermati letak tombol reset, sumber daya USB, dan indikator LED yang ada pada bagian belakang dan depan Smart Remote.
  2. Sambungkan Smart Remote ke sumber daya dengan kabel USB yang sesuai. Anda akan melihat lampu indikator mulai menyala.
  3. Unduh dan buka aplikasi Onassis Smart kemudian tekan pilihan “REMOTE CONTROL HUB”.
  4. Temukan dan pilih jaringan Wi-Fi yang akan dihubungkan dan masukkan kata sandinya.
  5. Beralih ke perangkat Smart Remote, tekan tombol reset selama beberapa detik hingga lampu indikator berkedip. Anda telah me-reset Smart Remote saat langkah ini berhasil.
  6. Pada aplikasi Onassis Smart, tekan pilihan “Next Step” dan aplikasi akan memulai proses instalasi selama beberapa detik.
  7. Tekan pilihan “Selesai” pada pojok kanan atas dan perangkat siap untuk digunakan. Anda hanya tinggal menghubungkannya dengan home appliance sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk memasukkan merk perangkat yang dituju dan aplikasi akan secara otomatis menghubungkan. Anda tidak perlu memasukkan kode khusus seperti pada pembahasan sebelumnya. Lakukan uji coba untuk memastikan perangkat merespon dan bekerja dengan baik.

Onassis memungkinkan fitur tersebut untuk efektivitas dan efisiensi hidup Anda dan keluarga. Pelajari lebih banyak soal Onassis dan semua produknya melalui halaman resmi atau langsung ke Tokopedia Onassis.