3 Penyebab dan Cara Mengatasi Handle Pintu Kamar Mandi Rusak

Handle Pintu Kamar Mandi
Handle Pintu Kamar Mandi

Handle pintu merupakan pegangan pada pintu yang berguna untuk menarik dan/atau mendorong pintu sehingga pintu mudah dibuka dan ditutup. Handle pintu memegang peranan penting sebagai bagian dari hardware sebuah pintu. Apabila handle pintu rusak maka pintu tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Handle pintu bisa dibilang komponen pintu yang paling sering mengalami kerusakan, terutama handle pintu kamar mandi. Banyak orang yang menyepelekan kerusakan handle pintu kamar mandi karena dirasa tidak begitu penting. Padahal rusaknya handle pintu kamar mandi bisa memberikan ketidaknyamanan dan yang paling parah bisa membuat Anda terkunci dari dalam.

Penyebab Handle Pintu Kamar Mandi Rusak

Nah, sebelum membahas tentang cara mengatasi handle pintu kamar mandi rusak, ada baiknya Anda memahami apa saja yang bisa menyebabkan handle pintu kamar mandi cepat rusak.

1. Sering dibuka dan ditutup

Pintu kamar mandi merupakan pintu yang paling banyak ‘bekerja’ di antara pintu lain di dalam rumah. Setiap Anda membuka dan menutup pintu, maka pintu akan mengalami benturan-benturan kecil. Begitu juga dengan handle pintu kamar mandi yang bisa rusak karena tarikan dan dorongan secara terus menerus.

2. Sering terkena air

Handle pintu kamar mandi yang terbuat dari plastik cenderung akan rapuh seiring waktu karena terkena air secara terus menerus. Meskipun Anda bisa melapisinya dengan cat pernis, namun pelapisan semacam ini hanya bersifat sementara saja.

3. Kelembaban udara yang tinggi

Kelembaban udara yang tinggi dalam kamar mandi dalam jangka panjang bisa memancing tumbuhnya jamur sehingga bisa merusak fungsi handle pintu kamar mandi.

Ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah handle pintu kamar mandi cepat rusak. Salah satunya adalah dengan memilih material daun pintu yang tepat. Ada beberapa jenis material pintu kamar mandi seperti kayu, kaca, aluminium, atau plastik. Begitu juga dengan handle pintu, ada jenis pegangan pintu yang bisa diterapkan pada material pintu dari kayu, namun ada juga yang tidak bisa diterapkan pada pintu plastik. Oleh karena itu, Anda harus memilih handle pintu kamar mandi yang sesuai sehingga bisa berfungsi dengan baik dan optimal.

handle pintu kamar mandi

Cara Mengatasi Handle Pintu Kamar Mandi Rusak

Pintu kamar mandi yang terus dibuka dan ditutup seiring waktu dapat membuat handle pintu mengalami kerusakan. Tetapi bukan berarti tidak ada cara untuk membetulkannya. Ada dua hal yang harus Anda ketahui tentang kerusakan pada handle pintu kamar mandi. Pertama, gagang pintu yang rusak karena tidak bekerja sebagaimana mestinya atau putarannya terasa keras dan tidak tersangkut. Kedua, apabila kunci patah dan tersangkut di dalam gagang pintu atau struktur mekanismenya mengalami kerusakan. Simak cara mengatasi handle pintu yang rusak berikut ini!

1. Lepas handle pintu

Jika handle pintu baru mencapai tahap tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya artinya terdapat kerusakan atau kelonggaran pada bagian sistem pengungkit kunci. Sebelum mulai membetulkan, Anda perlu menyiapkan pelat logam dan obeng. Lepaskan handle pintu dengan menggunakan obeng dan cek kerusakannya di dalamnya.

2. Selipkan pelat logam

Apabila terlihat rusak atau longgar, cobalah tancapkan besi penghubung gagang pintu di lubang kunci. Setelah itu selipkan pelat logam di celah antara besi penghubung dengan sisi dalam lubang kunci yang ada di gagang pintu. Pastikan bahwa pelat logam terjepit rapat pada celah-celah serta besi penghubung tidak goyang lagi.

3. Pasang kembali handle pintu

Pasang kembali handle pintu dan cobalah untuk menggerakkannya. Jika sudah bisa digerakkan itu berarti handle pintu kamar mandi sudah tidak rusak lagi. Namun, jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas dan handle pintu kamar mandi masih tidak bekerja ada kemungkinan handle pintu Anda sudah saatnya diganti.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Pintu Toilet Rumah dan Cara Mudah Memasangnya

handle pintu onassis

Rekomendasi Door Handle Bulat untuk Pintu Kamar Mandi

Material handle pintu yang paling banyak digunakan biasanya adalah aluminium. Handle pintu kamar mandi dengan bahan aluminium memiliki sifat anti karat sehingga lebih tahan lama. Handle aluminium juga dapat bertahan di suhu tinggi dan terhindar dari masalah tikus/rayap.

Model handle pintu kamar mandi bulat paling umum dan banyak digunakan untuk berbagai tipe pintu kamar mandi. Yang paling penting adalah harga handle pintu kamar mandi bulat cenderung terjangkau dengan banyak pilihan berkualitas. Rekomendasi door handle bulat untuk pintu toilet yang bisa Anda jadikan pilihan yaitu Door Knob Handle 5871 SS dari Onassis. Produk ini terbuat dari material stainless steel yang ringan dan tahan korosi. Door handle bulat ini juga dilengkapi kunci sehingga membuat tampilan pintu kamar mandi menjadi elegan dan terlihat minimalis.