Ketahui 5 Manfaat Home Automation dan Contoh Produknya

home automation
home automation

Home Automation atau biasa juga disebut Smart home adalah suatu rumah yang dilengkapi dengan sistem untuk mengintegrasikan dan mengontrol alat-alat elektronik yang ada di rumah, misalnya lampu, TV, home theater, CCTV, alarm, kipas angin, door lock, motion sensor, dan masih banyak lagi.

Tujuan dari sistem home automation mencakup kemudahan, efisiensi energi, keamanan, dan kenyamanan. Saat ini popularitas tentang konsep home automation sedang berkembang pesat, dan didukung dengan banyaknya perusahaan yang bergerak dibidang ini.

Ingin tahu penerapan, manfaat dan contoh produk untuk home automation? Mari temukan di bawah ini.

Contoh Penerapan Home Automation

  • Lampu, AC, Kipas Angin, TV, Radio, Speaker, bisa dinyalakan melalui satu remote control, komputer, Tablet PC, Smartphone, bahkan saat anda tidak berada dirumah (via Internet).
  • Bisa membuka/menutup tirai, mengunci pintu, menyalakan AC/Lampu,  secara otomatis.
  • Bisa memutar film melalui iPad anda lalu secara otomatis TV menyala langsung memutar film.
  • Jika rumah dilengkapi sensor & detector, ketika terjadi kebakaran, kebocoran gas, banjir, atau hal lain secara otomatis alarm berbunyi dan sistem akan memberitahu anda melalui sms/email (hal ini sangat penting apalagi jika anda tidak sedang dirumah).
  • Membuat skenario dan timer sesuai keinginan anda, misalkan pukul 6 sore lampu depan dan ruang keluarga menyala kemudian paginya mati secara otomatis.
  • Memantau dan mengontrol seisi rumah anda melalui smartphone anda, misal anda lupa apakah sudah mengunci pintu atau apakah sudah mematikan lampu/AC.
  • Dan masih banyak lagi.

5 Manfaat Penerapan Home Automation

home automation

Sumber: Pixabay

Belakangan ini, teknologi home automations banyak diaplikasikan di rumah-rumah. Tentunya teknologi tersebut tidak akan dipasang dalam rumah apabila tidak ada nilai manfaat yang bisa diambil. Lebih jauh, berikut adalah manfaat penggunaan teknologi home automations:

1. Memudahkan Pekerjaan Anda

Teknologi home automation memberikan kemudahan dalam hidup. Bayangkan, AC/air conditioner, lampu, dan lain – lain bisa dihidupkan atau dimatikan hanya dengan menggunakan smartphone saja. Ini memudahkan Anda ketika sedang berada di ruang yang berbeda, di luar rumah maupun sedang tidak bisa beranjak dari suatu tempat. Misalnya saja, Anda lupa mematikan AC ketika sedang berada di luar rumah, maka Anda bisa segera mematikan AC tersebut dari smartphone saja.

2. Hemat Energi

Dengan memudahkan pekerjaan, tentunya keuntungan berikutnya yang bisa didapat adalah hemat energi. Karena mematikan dan menyalakan peralatan elektronik di rumah bisa dilakukan dengan sentuhan jari, Anda bisa dengan cepat mematikan peralatan tersebut ketika sudah selesai dipakai. Anda pun bisa memantau peralatan mana saja yang masih menyala namun sudah selesai digunakan.

3. Hemat Listrik

Jika Anda sudah bisa mengatur dan menghemat penggunaan energi di rumah, hal tersebut tentunya akan berpengaruh terhadap tagihan penggunaan listrik. Bill listrik yang harus dibayar otomatis akan berkurang. Sehingga anggaran listrik bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain. Besarnya biaya hidup setiap bulan pun bisa dipangkas dengan penerapan teknologi rumah pintar ini.

4. Ramah Lingkungan

Karena peralatan elektronik sudah sangat efisien dipakai, tentunya hal itu berpengaruh besar terhadap lingkungan. Emisi gas yang dihasilkan oleh rumah Anda menjadi lebih sedikit, sehingga sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitar untuk menghasilkan udara yang lebih sejuk dan keadaan yang lebih nyaman.

5. Memberi Rasa Aman

CCTV adalah salah satu peralatan elektronik yang bisa dipantau melalui smartphone. Ini sangat membantu Anda untuk memberi rasa aman, apalagi jika Anda dan keluarga sedang bepergian atau menginap di suatu tempat.

Elemen pada Home Automation System:

  • Elemen pada Home Automation meliputi sensor (seperti temperatur, cahaya, atau gerak), controller (berfungsi ibarat server pada suatu jaringan komputer sebagai pusat sistem yang mengendalikan perangkat lain), dan aktuator seperti saklar lampu, motor listrik, dll.
  • Satu atau lebih perangkat antarmuka/interfaces dibutuhkan, karena melalui interfaces ini pemilik rumah bisa berinteraksi dan mengendalikan sistem. Interfaces ini bisa berupa touchscreen, TV, Remote Control, PC/Laptop, Smartphone, Tablet PC, atau gadget lainnya. Beberapa perangkat tersebut bisa terhubung dengan atau tanpa kabel.

ONASSIS Smart Product untuk Mendukung Home Automation

home automation

Sumber: Pixabay

ONASSIS telah melangkah lebih jauh dalam melakukan penelitian dan bergabung dengan perusahaan global Al dan loT terkemuka untuk menyediakan produk cerdas untuk kehidupan cerdas. Menghadirkan perangkat dan peralatan pintar berkualitas tinggi terkini untuk rumah dan kantor dengan harga terjangkau yang memuaskan. Berbagai macam produk yang disediakan oleh ONASSIS merupakan cara tercanggih untuk meningkatkan kualitas hidup seluruh keluarga Indonesia.

ONASSIS menghadirkan perangkat dan peralatan pintar berkualitas tinggi terkini untuk rumah dan kantor dengan harga terjangkau yang memuaskan. Berbagai macam smart product, disediakan oleh ONASSIS untuk mendukung kemudahan home automation seperti:

Segera kunjungi website dan e-commerce kami untuk mengetahui semua informasi katalog produknya, dan nikmati kemudahan hidup masa depan yang bisa Anda rasakan saat ini bersama ONASSIS.