Ini 4 Penyebab Kenapa Listrik Sering Mengalami Jeglek

penyebab kenapa listrik sering jeglek
penyebab kenapa listrik sering jeglek

Pernahkah Anda sedang menonton televisi kemudian tiba-tiba mati sendiri, padahal televisi atau remote-nya tidak rusak? Atau pernahkah Anda sedang menyalakan pemanas air, tetapi tiba-tiba mati sehingga menyebabkan air tidak hangat? Jika pernah, barangkali Anda harus mencari tahu kenapa listrik sering mengalami jeglek. 

Tentu saja Anda akan mengalami perasaan tidak nyaman. Terlebih Anda sedang menikmati tayangan favorit dari acara televisi. Barangkali pula, Anda sedang membaca buku pada malam hari dengan mengandalkan lampu baca, eh mendadak listrik jeglek. 

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui kenapa listrik sering jeglek. Selain itu Anda perlu memahami cara mengatasi agar listrik tidak sering jeglek. Onassis memberikan seluruh informasi tersebut beserta rekomendasi hardware yang tepat untuk mengatasi listrik sering jeglek.

Penyebab Kenapa Listrik Sering Jeglek

Sebelum Anda mendapatkan informasi bagaimana mengatasi listrik yang sering jeglek, Anda perlu memahami apa penyebab kenapa listrik sering jeglek di antaranya:

1. Menggunakan Listrik secara Berlebihan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui kenapa listrik sering jeglek adalah penggunaan listrik secara berlebihan. Hal tersebut disebabkan ukuran Miniature Circuit Breaker (MCB) yang terpasang di rumah melebihi batasan.

Anda pun dapat mengulik permasalahan tersebut dengan cara menghitung keseluruhan total data atau watt dalam listrik di rumah. Jika dirasa telah mengalami kelebihan batas, Anda perlu atur daya sehingga listrik tidak lagi mengalami jeglek. 

Anda perlu lebih bijak dalam menggunakan listrik atau jika daya masih terasa kurang, Anda perlu meningkatkan daya. Misal dari 1300 ke 2200 Watt.

2. Salah Satu Peralatan Listrik Rusak 

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan dan menjadi alasan mengapa listrik sering jeglek adalah adanya salah satu peralatan listrik rusak. Korslet atau yang sering disebut short circuit juga bisa menjadi penyebab listrik menjadi jeglek. 

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, Anda perlu mengecek adakah peralatan listrik yang mengalami kerusakan seperti setrika, televisi, mesin cuci, atau lainnya. Cabut colokan listrik lalu tekan off untuk seluruh peralatan listrik. Kemudian, cek MCB. Jika sudah posisi off, coba Anda kembalikan menjadi posisi on

3. Instalasi Listrik Mengalami Korslet

Namun, tidak hanya peralatan listrik yang rusak, melainkan juga korslet yang terjadi pada instalasi listrik. Anda bisa mengeceknya dari kabel instalasi atau stop kontak.

Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah Anda menaikkan MCB. Apabila posisi MCB kembali turun maka sudah bisa dipastikan bahwa ada kerusakan pada instalasi listrik di rumah. 

4. MCB Listrik Mengalami Kerusakan

Hal terakhir yang bisa menjadi penyebab kenapa listrik sering jeglek adalah kerusakan MCB. Apabila hal tersebut yang terjadi maka, meskipun dayanya normal, listrik akan tetap padam. 

Cara Mengatasi Listrik agar Tidak Sering Jeglek

Berikut ini adalah cara yang tepat untuk mengatasi listrik agar tidak sering jeglek yaitu:

1. Memasang Stabilizer

Apabila penyebabnya adalah kelebihan beban listrik maka Anda perlu memasang stabilizer agar tegangan tetap stabil. 

2. Gunakan Peralatan Listrik Seperlunya

Hal kedua yang bisa Anda lakukan adalah memakai listrik seperlunya. Misal Anda menggunakan charger ponsel. Jika sudah tidak terpakai, cabutlah colokan charger. Ada baiknya pula menggunakan peralatan secara bergantian sehingga tidak mudah mengalami jeglek. 

3. Mengganti Kabel yang Rusak

Jika Anda telah melihat kabel yang rusak di peralatan elektronik, ada baiknya lakukan pembenahan atau penggantian kabel. Sebab, jika tidak, akan terjadi potensi untuk konslet. Hal tersebut harus dihindari seminimal mungkin, ya. 

4. Mengganti MCB

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan adalah perhatikan MCB yang terpasang di rumah. Anda perlu menggantinya apabila mengalami kerusakan. Namun, Anda perlu menghubungi petugas PLN yang nantinya akan mengurus penggantian tersebut. 

Ketika memahami penyebab kenapa listrik sering jeglek dan cara mengatasinya, Anda perlu meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi kebakaran di rumah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Onassis memiliki sejumlah rekomendasi hardware yang tepat agar listrik tidak sering jeglek. 

Rekomendasi Onassis agar Listrik Tidak Sering Jeglek

Ada sejumlah rekomendasi yang tepat dari Onassis agar listrik tidak sering jeglek yaitu:

1. Smart Switch Triple

smart switch triple

Adapun energy saving switch dari Onassis yang bisa Anda gunakan adalah Smart Switch Triple. Ini peralatan yang canggih dan dilengkapi dengan berbagai fitur istimewa. Beberapa fitur yang tersedia antara lain:

  • Kontrol penggunaan melalui aplikasi smartphone.
  • Terkoneksi dengan WiFi.
  • Mendukung Google Home dan Amazon Alexa yang terintegrasi dengan pengeras suara.
  • Mendukung Google Assistant dan Siri.
  • Daya standby maksimal 0,5 W.
  • Mendukung teknologi layar sentuh.

2. Smart Plug C1 WiFi

smart plug C1 WiFi

Smart Plug C1 Wifi dilengkapi dengan Google Assistant dan Amazon Alexa sehingga Anda bisa mengelola peralatan elektronik melalui suara. Selain itu, Anda dapat menjadwal peralatan sesuai kebutuhan. Smart Plug mampu menghemat energi sehingga kenyamanan rumah dapat terjaga dengan baik. 

3. Smart Breaker B5 ON OFF

smart breaker onassis

Onassis menyediakan alat pemutus listrik yang mampu dikontrol dengan WiFi yaitu smart breaker. Alat ini telah terintegrasi, melalui aplikasi Onassis, dengan Google Assistant dan Amazon Alexa. Selain itu, kontrol dari ponsel memudahkan Anda untuk mengelola smart breaker